Tipe Jitu 5 Cara Mengurangi Minyak Berlebih pada Wajah, Dijamin Manjur

- 16 Januari 2024, 23:33 WIB
Tipe jitu 5 cara mengurangi minyak berlebih pada wajah, dijamin manjur. Masalah kulit wajah berminyak merupakan persoalan paling umum terjadi pada sebagian orang. (Foto: Pixabay)
Tipe jitu 5 cara mengurangi minyak berlebih pada wajah, dijamin manjur. Masalah kulit wajah berminyak merupakan persoalan paling umum terjadi pada sebagian orang. (Foto: Pixabay) /
KARANGANYARNEWS - Tipe Jitu 5 Cara Mengurangi Minyak Berlebih pada Wajah, Dijamin Manjur. Masalah kulit wajah berminyak merupakan persoalan paling umum terjadi pada sebagian orang.
 
Wajah berminyak merupakan faktor alami, seperti gangguan hormon, faktor keturunan dan usia, dan bisa juga karena stres berlebihan, namun tidak baik juga jika minyak pada wajah berlebih. 
 
Biasanya kulit memiliki lebih banyak minyak di area dahi, hidung, dan dagu (zona T). Banyak cara dapat digunakan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. 
 
Berikut beberapa cara untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah yang bisa kamu praktikkan, dirangkum dari berbagai sumber.
 
 
1. Cuci wajah secara teratur
 
Mencuci wajah secara teratur (pagi dan malam) dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Hindari penggunaan sabun mengandung bahan kimia keras atau pun pewangi. 
 
Pilihlah produk pencuci wajah yang tepat sebagai cara mengatasi kulit berminyak, misalnya dengan memiliki produk oil free, seperti asam glikolat, salicylic acid atau asam salisilat, asam beta-hidroksi, benzoil peroksida.
 
2. Menggunakan pelembap
 
Tak sedikit orang berkata jika wajah berminyak tak perlu menggunakan pelembap, padahal menggunakan pelembap secara rutin juga bisa mengurangi minyak pada wajah.
 
 
Gunakan pelembap hanya pada area wajah yang berminyak saja dan tidak perlu menggunakannya setiap hari.
 
3. Menggunakan face paper
 
Face paper atau kertas minyak merupakan barang wajib dibawa pemilik wajah yang sering berminyak. Kertas ini dirancang khusus untuk menyerap minyak pada wajah seketika. 
 
Cara penggunaannya hanya dengan menekan-nekan bagian wajah yang berminyak dengan face paper secara perlahan dan tidak menggosokkannya ke wajah.
 
 
4. Menggunakan mentimun
 
Selain menyegarkan wajah, mentimun juga bisa dipakai untuk mengurangi minyak di wajah.
 
Caranya hanya dengan mendinginkan irisan timun ke dalam kulkas. Jika sudah dingin lalu gosokkan ke seluruh bagian wajah, terutama di zona T.
 
5. Menggunakan masker wajah
 
Selain itu, cara mengatasi wajah berminyak bisa juga dengan menggunakan masker wajah paling tidak sekali seminggu.
 
 
Bahan-bahan masker wajah yang cocok untuk kulit berminyak, yakni:
 
- Clay. Masker mengandung mineral seperti smektit atau bentonit dapat menyerap minyak dan mengurangi tingkat kilap dan sebum kulit tanpa mengiritasi kulit.
 
Gunakan masker hanya sesekali untuk mencegah kulit mengering, dan oleskan pelembap sesudahnya. 
 
- Madu. Sebuah studi melaporkan bahwa madu mentah alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik.
 
Masker wajah madu dapat mengurangi jerawat, komedo dan kulit berminyak, sekaligus menjaga kulit tetap lembut.
 
- Havermut. Masker yang mengandung oatmeal koloid dapat membantu membersihkan kulit.
 
Oat mengandung saponin, yakni senyawa pembersih yang lembut, antioksidan, dan senyawa antiinflamasi yang dapat menenangkan kulit teriritasi. 
 
***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x