Menakjubkan, Populasi Macan Tutul Salju di Tibet Meningkat

- 22 Mei 2022, 22:09 WIB
Macan tutul salju di pegunungan Tibet
Macan tutul salju di pegunungan Tibet /Pixel-mixer/Pixabay

KARANGANYARNEWS - Berkat upaya perlindungan yang diperkuat selama beberapa tahun terakhir, jumlah macan tutul salju di Cagar Alam Nasional Qomolangma di Tibet, China, terus meningkat.

Cagar Alam Nasional Qomolangma terletak di perbatasan China-Nepal, dan merupakan cagar alam tertinggi di dunia.

Pada 2013, Yayasan Vanke dan sejumlah departemen kehutanan di Tibet, China, menjalin kemitraan kerja sama strategis dan bersama-sama memprakarsai rencana perlindungan macan tutul salju di daerah Gunung Qomolangma.

Baca Juga: Memiliki Tinggi 83 Meter, Pohon Abies Ernestii Var. Salouenensis Jadi Pohon Tertinggi di China

Per 2021, yayasan tersebut telah mendonasikan 11 juta yuan (1 yuan setara dengan Rp2.171). Selain itu, sebuah jaringan perlindungan macan tutul salju pun dibentuk di daerah Gunung Qomolangma.

Hingga saat ini, area yang dipantau untuk perlindungan macan tutul salju sudah mencapai 3.000 km persegi, mencakup 8,9 persen dari luas cagar alam tersebut. Para peneliti memperkirakan populasi macan tutul salju di cagar alam itu mencapai 106 hingga 114 ekor.

Baca Juga: Fosil Burung Hantu Berusia 6 Juta Tahun, Ditemukan di China Barat Laut

Macan tutul salju berada di bawah perlindungan tingkat tertinggi nasional di China dan tercatat sebagai spesies rentan oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature/IUCN).

Satwa yang dikenal sebagai "raja pegunungan bersalju" tersebut biasanya ditemukan di ketinggian 3.000 meter hingga 5.000 meter.***

Editor: Klasik Herlambang

Sumber: Xinhua


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x