Jejak Raden Mas Said (3):Inilah Kawah Candradimuka Alap-alap Samber Nyawa

- 14 November 2021, 13:18 WIB
Pesanggrahan yang juga markas di Desa Mojoroto,  Kecamatan Mojogedang inilah, tempat Raden Mas Said melantik 40 personil Mantri Lebet atau Punggawa Baku
Pesanggrahan yang juga markas di Desa Mojoroto, Kecamatan Mojogedang inilah, tempat Raden Mas Said melantik 40 personil Mantri Lebet atau Punggawa Baku /dok-kustawa esye/

KARANGANYARNEWS - Paska kecamuk perang di Randulawang, Raden Mas Said memilih kembali ke lereng barat Gunung Lawu, kawah Candradimuka tempatnya menempa kekuatan fisik dan kedalaman spirit reliqius.

Secara matematis, peperangan   pengikut Raden Mas Said yang telah bergabung pasukan Sunan Kuning, melawan prajurit Keraton Kartosuro yang diperkuat tentara Belanda di Randulawang, memang jauh tidak berimbang.

Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyawa, panglima perang di Randulanang ini, tak lebih menurunkan 200 personil gabungan (pengikut Raden Mas Said dan Sunan Kuning) Itu pun, keseluruhannya berbekal senjata tradisional seadanya.

Baca Juga: Jejak Raden Mas Said (1): Alap-alap Samber Nyawa, Putra Bangsawan yang Terbuang

Sedangkan prajurit Keraton Kartosura dan tentara Belanda yang dikomendani Tuan Hohendorff, mengerahkan tak kurang 2000 personil separuh diantanya bersenjata api.

Namun demikian, lebih banyaknya personil dan lebih unggulnya persenjataan memang tidak memastikan meraih kemenangan. Kacamuk Perang di Randulawang ini, contoh konkritnya.

Baik prajurit Keraton Kartosuro maupum tentara VOC Belanda, dibuat kocar-kacir bahkan lebih banyak prajurit Keraton maupun tentara Belanda tewas dalam kecamuk perang ini.

Baca Juga: Jejak Raden Mas Said (2): Hengkang dari Istana Melunasi Spirit PatriotiknyaBaca Juga: Pasar Ngat Pahingan, Ikon Wisata Lereng Merapi Unik Nan Eksotik

Untuk menghindari korban pasukannya lebih banyak lagi, komandan perang Tuan Hohendorff membujuk Sunan Kuning untuk menyerah kepada Belanda, dengan janji  akan dijadikan Raja di Keraton Kartosuro oleh Belanda.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x