7 Kuliner Ikonik Klaten: The Legend Terlezat se Asia Tenggara

- 2 Januari 2024, 07:35 WIB
7 kuliner tradisional khas Kabupaten Klaten yang sangat  ikonik, the legend dan disebut-sebut  bercitarasa terlezat se Asia Tenggara
7 kuliner tradisional khas Kabupaten Klaten yang sangat ikonik, the legend dan disebut-sebut bercitarasa terlezat se Asia Tenggara /Foto: jajan bude rambat/

KARANGANYARNEWS - Klaten, tak hanya terkenal elok eksotiknya  zona pesona wisata alam dan destinasi wisata  air sumber alaminya. Kabupaten Klaten, juga tersohor dengan wisata kelinernya.

Secara geografis salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini diapit dua besar, Jogja dan Solo. Sedangkan secara historis, Kabupaten Klaten berada di tengah dua keraton dinasti Mataram Islam, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Surakarta Hadiningrat.

Tak aneh, kabupaten Klaten yang berikon Bersinah, memiliki beragam sajian kuliner tradisional khas yang hingga sekarang masih dilestarikan dan tersaji di ruesto kuliner yang berada di berbagai wilayah Kabupaten Klaten.

 Baca Juga: Kuliner Ekstrem Pendongkrak Vitalitas Pria, Sate Landak Khas Lereng Barat Gunung Lawu

Beberapa diantaranya Nasi Tumpang Lethok, Sop Maten,  Sego Trancam, Ayam Panggang, Sop Ayam Pecok, Soto Garing, Sego Wiwit dan lainnya.

Berikut 7 kuliner tradisional khas Kabupaten Klaten yang sangat  ikonik, the legend dan disebut-sebut  bercitarasa terlezat se Asia Tenggara.

 

  1. Nasi Tumpang Lethok

Kuliner tradisional nan legendaris ini, masih tersaji dan dijual di berbagai sudut Kota Klaten sejak pagi, siang  hingga malam hari. Nasi Tumpang Lethok dapat kalian temukan di beberapa warung Jl Mayor Kusmanto. 

 

Nasi Tumpang Lethok
Nasi Tumpang Lethok

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x