Resep Sate Brutu Ayam, 'Jangan Fokus Bentuknya, tapi Rasanya'

- 10 Mei 2022, 01:16 WIB
Kuliner brutu ayam enak
Kuliner brutu ayam enak /Instagram/

KARANGANYARNEWS - Nah, ini dia resep sate brutu ayam sederhana mudah, enak dan cepat lau keras jika dijual di lapak-lapak kaki lima. Apa itu brutu? Brutu adalah pantat ayam yang memang terkesan menjijikkan, baik dari bentuk maupun aroma bawaannya.

Namun, jangan salah, di balik bentuknya yang tak karuan dan aromanya yang tak kalah dengan limbah pasar ikan, brutu memiliki tingkat kegurihan di atas rata-rata. Wajar, sebagian besar terdiri dari lemak sehingga jika diolah dengan benar, baik itu digoreng maupun dengan variasi bumbu, brutu menjadi menu paling nikmat bukan kepalang.

Saking tingginya tingkat kegurihannya, brutu bahkan disebut-sebut se level dengan daging dan lemak babi jika bicara soal rasa.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Ketupat Lezat untuk Menu Lebaran, Dijamin Nagih!

Jika berkunjung ke Jogja, sate brutu ini banyak ditemukan di angkringan, lain halnya di Soloraya, menu ini sering jadi buruan pecinta HIK (Hidangan Istimewa Kampung) atau wedangan.

Baik di angkringan, wedangan atau HIK, menu sate brutu ayam boleh dikatakan menjadi rajanya. Dengan bumbu sate ala kadarnya, brutu ayam seringkali dijadikan lauk yang menemani nasi bandeng (nasi kucing) atau nasi oseng-oseng.

Setelah musim mudik selesai, para perantau di kedua kota yang menjadi pusat kebudayaan Jawa itu sudah pasti kangen dengan menu ini. Tapi tak perlu khawatir, di artikel ini kami berbagai resep sate brutu ayam untuk Anda.

Silakan disimak dan dipraktikkan secara langsung sebagai obat rindu akan kampung halaman, tanah kelahiran yang penuh dengan kenangan masa silam.

Nah, ini dia resep terlengkap membuat sate brutu ayam ala-ala wedangan di Solo atau angkringan yang ngetren di Jogja. 

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x