Ceramah Tausiah: Waspadai, Ada Setan Dibalik Kerisauhan Masa Depan Kita

- 29 Juni 2022, 14:37 WIB
Ceramah Tausiah Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ceramah Tausiah Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Oleh |.| Ustadz Moch Isnaeini

MASIH terkait cermah tausiah sebelumnya yang berjudul; ‘Jangan Pernah Risaukan Masa Depan’, namun bukan berarti menganjurkan kita tidak bekerja keras dan cerdas.

Menapaki dan menanjak langkah berikutnya, ceramah tausiah hari ini kami mengajak lebih mewaspadai, adanya setan dibalik kerisausan umat manusia terhadap masa depan kehidupannya.

Karena ketika manusia membebani pikirannya tentang hari esok atau masa depan, bisa jadi dia telah terbius bujuk rayu ajakan setan. Dalam ceramah tausiah ini, kami awali dengan firman Allah SWT dalam QS Al-Baqarah ayat 268;

Baca Juga: Ceramah Tausiah: Jangan Pernah Risaukan Masa Depan

“Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui”.

Cara setan ini, ternyata cukup efektif. Berapa banyak umat manusia melakukan perbuatan haram karena takut didera kemiskinan di masa depannya. Tanpa mereka sadari, jikalau ketakutan itu sama artinya kehilangan kesempatan untuk percaya kepada Allah SWT.

Nah, berapa banyak manusia yang menjadikan kikir karena mereka takut  malapetaka masa depannya.

Baca Juga: Ceramah Tausiah: Jurus Kunci Memenangkang Saratnya Kompetisi Hidup

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x