Renungan Harian Kristen - Kuatkan dan Teguhkan Hatimu

- 7 Juli 2022, 16:51 WIB
Musa dan Yosua, tokoh Alkitab yang banyak memberi teladan menguatkan
Musa dan Yosua, tokoh Alkitab yang banyak memberi teladan menguatkan /Astrid Setya /

KARANGANYARNEWS - Setiap hari, Renungan Harian Kristen hadir untuk memberikan kelegaan untuk jiwa-jiwa yang haus dan lapar Firman Tuhan.

Saat hati terasa berat, serahkan bebanmu pada Tuhan, dengan membaca Renungan Harian Kristen, yang bisa membantumu melepaskan masalah yang berat. 

Selamat membaca artikel-artikel dalam Renungan Harian Kristen, semoga iman kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan.

Yosua 1:1-18

Baca Juga: Renungan Harian Kristen - Dibutuhkan Staying in Love

Walaupun sebagai orang Kristen kita percaya bahwa Tuhan menyertai, tetapi tidak jarang kita pun diliputi kekhawatiran masa depan. Kekhawatiran yang mirip juga dialami Yosua saat menggantikan Musa sebagai pemimpin bangsa Israel serta membawa masuk bangsa Israel ke tanah perjanjian.

Tuhan mengangkat Yosua sebagai pengganti Musa dan berjanji menyertainya (ayat 1-9). Perhatikan pula kata “kuatkan dan teguhkanlah hatimu” yang diulang tiga kali, sebelumnya telah dikatakan Musa pada Yosua dalam Ulangan 31:6). Tuhan juga meminta Yosua merenungkan TauratNya siang dan malam (Yosua 1:8). Hal ini sangat penting supaya seluruh tindakan Yosua sesuai yang dikehendaki Tuhan.

Baca Juga: Renungan Harian Kristen - Bersukacita karena Tuhan

Yosua kemudian memberikan perintah kepada para pemimpin umat (ay. 10-15). Mendengar itu, seluruh bangsa Israel berjanji untuk taat pada Yosua, sebagaimana mereka telah menaati Musa (ayat 16-18). Mereka juga meminta Yosua untuk menguatkan dan meneguhkan hatinya (ayat 18).

Mengapa kata “kuatkan dan teguhkanlah hatimu” (“yakin dan berani” – BIMK) diulang beberapa kali? Yosua bukanlah seorang penakut. Dia telah menjadi abdi Musa sejak masa muda, memimpin bangsa Israel saat memerangi orang Amalek, dan memberi semangat ketika mengintai tanah Kanaan. Tuhan memberikan frasa ini agar Yosua tidak menyerah dalam memimpin bangsa yang tegar tengkuk untuk memerangi musuh-musuh kuat. Tuhan mengingatkan semangat yang telah dinyatakan Yosua di masa lalu (Bilangan 14:9).

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x