Renungan Harian Kristen - Suara Siapa yang Kita Ikuti?

- 5 Juli 2022, 20:22 WIB
Biarlah suara Tuhan saja yang kita dengar
Biarlah suara Tuhan saja yang kita dengar /Astrid Setya/

KARANGANYARNEWS - Setiap hari, Renungan Harian Kristen hadir untuk memberikan kelegaan untuk jiwa-jiwa yang haus dan lapar Firman Tuhan.

Saat hati terasa berat, serahkan bebanmu pada Tuhan, dengan membaca Renungan Harian Kristen, yang bisa membantumu melepaskan masalah yang berat. 

Baca Juga: Renungan Harian Kristen - Sukacita Mendatangkan Kuasa

Selamat membaca artikel-artikel dalam Renungan Harian Kristen, semoga iman kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan.

Yohanes 10:1-6

Ada dua gambaran dalam bagian ini, pertama adalah Gembala datang ke kawanan domba (ayat 1-3a), kedua, Domba mengenal gembala (ayat 3b-5). Kemudian, ada juga gambaran yang positif dari seorang gembala (ayat 1-5) serta gambaran tentang pencuri dan perampok.

Pada bagian ini, Yohanes menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias yang dijanjikan para nabi, menggenapi Yehezkiel 34. Yesus berbeda dengan para pemimpin agama Israel yang mengambil keuntungan orang-orang yang digembalakannya. Mereka juga memberlakukan ritual keagamaan yang jauh dari kebenaran, seperti halnya yang dilakukan orang-orang Farisi pada zaman Yesus.

Baca Juga: Renungan Harian Kristen - Kuasa Ajaib di Balik Sukacita

Yesus menyatakan diriNya berbeda dengan mereka (Yohanes 10:8). Dialah gembala yang baik, yang rela memberikan nyawa bagi domba-dombaNya (Yohanes 10:11). Yesus juga menggambarkan diriNya seperti gembala pada masa itu yang menjaga pintu masuk ke kandang domba-domba dan memanggil mereka satu persatu masuk ke kandang. Bahkan, Yesus adalah satu-satunya yang memiliki akses masuk ke dalam rumah Bapa (Yohanes 14:6).

Jadi, ciri seorang gembala yang baik adalah rela memberikan nyawa bagi domba-dombanya (diulang empat kali dalam Yohanes 10:15-18). Apa yang dilakukan Yesus, menggenapi nubuat nabi Yesaya yang menyatakan Mesias menanggung hukuman dosa kita sehingga kita dibebaskan (Yesaya 53:6).

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x