Renungan Harian Kristen - Jangan Jemu-jemu Berbuat Baik

- 6 Juli 2022, 14:51 WIB
Dilihat atau tidak, jam dinding tetap bekerja dan berbuat baik
Dilihat atau tidak, jam dinding tetap bekerja dan berbuat baik /Astrid Setya/

KARANGANYARNEWS - Setiap hari, Renungan Harian Kristen hadir untuk memberikan kelegaan untuk jiwa-jiwa yang haus dan lapar Firman Tuhan.

Saat hati terasa berat, serahkan bebanmu pada Tuhan, dengan membaca Renungan Harian Kristen, yang bisa membantumu melepaskan masalah yang berat. 

Baca Juga: Renungan Harian Kristen - Sukacita dalam Berbuat Baik, Tidak Membuat Jemu

Selamat membaca artikel-artikel dalam Renungan Harian Kristen, semoga iman kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan.

Yeremia 6:16 Beginilah firman TUHAN: “Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya!

Pernahkan kita memperhatikan jam dinding di rumah? Sewaktu kita memasukkan baterai ke dalam jam dinding, maka jam mulai bekerja menjalankan tugas. Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, ia terus bekerja dan bekerja, sampai baterai itu habis. Jam dinding itu bekerja tanpa pamrih, dilihat orang atau tidak, ia tetap berdetik. Dihargai orang atau tidak, ia tetap berputar. Walau tidak seorang pun mengucapkan terima kasih, ia masih tetap bekerja dan berbuat baik.

Baca Juga: Renungan Harian Kristen - Kunci Siap Sedia

Inilah yang dinamakan tidak jemu-jemu berbuat baik. Dihargai orang lain atau tidak, dilihat orang atau tidak, kita akan tetap berbuat baik. Ya, berbuat baik adalah sebuah kesempatan. Namun sayangnya beberapa orang tidak mau berbuat baik. Mungkin karena terlalu sering dikecewakan, apalagi saat perbuatan baik yang dilakukan sering tidak mendapatkan respons atau balasan yang diharapkan. Begitu juga saat kita melakukan perbuatan baik, terkadang hal-hal buruk malah menyertai, entah itu hinaan, cercaan, cibiran, fitnah dari orang lain. Kita lalu mulai merasa bosan berbuat baik, mulai berpikir seribu kali saat hendak berbuat baik, dan akhirnya berhenti melanjutkan perbuatan baik tersebut.

Namun, haruskah kita berhenti berbuat baik ketika orang lain tidak membalas kebaikan kita? Kalau berbuat baik hanya sekedar membalas kebaikan orang lain, atau dengan tujuan mendapatkan balasan yang sama, apalah artinya kebaikan kita. Seyogianya, tidak ada istilah  'rugi atau buntung'  saat kita melakukan perbuatan baik kepada orang lain, sebab pada saatnya nanti kita akan menuai. 

Baca Juga: Renungan Harian Kristen - Penyegaran Diri yang Benar

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x