Materi Khutbah Idul Adha 1443 H: Keteladanan Keberagaman Nabi Ibrahim Teruntuk Seluruh Umat

- 8 Juli 2022, 21:10 WIB
Ribuan jemaah shalat Idul Adha mendengarkan khutbah dari khatib sebelum dimulai shalat Idul Adha berjamaah
Ribuan jemaah shalat Idul Adha mendengarkan khutbah dari khatib sebelum dimulai shalat Idul Adha berjamaah /ilustrasi pixels musa zanoun/

KARANGANYARNEWS – Syariat shalat Idul Idha, tak dapat dipisahkan dari penyampaian khutbah yang disampaikan khatib sebelum shalat berjamaah dilakukan.

Berikut disampaikan materi atau naskah khutbah Idul Adha 1443 H, sebagai referensi teruntuk para khatib dalam rangkaian shalat Idul Adha berjamaah.

Materi khutbah Idul Adha 1443 bertema ‘Keteladanan Keberagaman Nabi Ibrahim ini, sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com Jumat, 08 Juli 2022 dari Suara Muhammadiyah.

Baca Juga: Khutbah Idul Adha 1443 H Bahasa Jawa: Lengkap Bacaan Arab dan Doanya

اَلْـحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ
شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ لاَنَبِيَّ بَعْدَهُ . وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ نَبِيِّنَا مُحَمَّد وَعَلَى اَلِهَ وَ اَصْحَبِهَ وَمَنْ وَّالَاهُ اَمَّا بّعْدُ فَيَاعِبَدَاللهِ أُوْصِيْكُمْ وَأِيَّايَ بِتَقْوَى االلهِ حَقَّ تُقَاتِهِ فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْنَ
اَللهُ اَكْبَرُاللهُ اَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Hadirin jamaah Idul Adha yang dirahmati Allah SWT, marilah kita panjatkan puji syukur kehadhirat Allah SWT, shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad saw, kepada Keluarganya, para shahabatnya dan pengikut semuanya hingga akhir zaman.

Di hari yang berbahagia ini kita merayakan Idul Adha, hari dimana kita dianjurkan bertakbir, malaksanakan shalat Id dan menyembelih hewan kurban.

Perayaan Idul Adha beserta ibadah kurban adalah ibadah yang mengingatkan kita kepada keimanan, kesabaran, kejujuran serta ketaatan nabi Ibrahim alaihisalam. Beliau adalah Nabi yang dikasihi Allah karena keimanan yang sangat kuat dan ketakwaan yang sangat tinggi.

Baca Juga: Syariat Idul Adha: Catat, Cara Sembelih Hewan Korban Lengkap Doa dan Dalilnya

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x