Inilah Jawaban dan Dalilnya: Berwudhu dengan Air Mineral, Bolehkah?

- 13 Mei 2024, 17:35 WIB
Muslim wajib tahu: Inilah jawaban dan dalilnya, apakah air mineral dapat digunakan untuk berwudhu?
Muslim wajib tahu: Inilah jawaban dan dalilnya, apakah air mineral dapat digunakan untuk berwudhu? /Ilustrasi Air Mineral/ Freepik/macrovector/

KARANGANYARNEWS - Syariat atau tata cara berwudhu, merupakan ritual penting sebelum melaksanakan salat fardlu maupun salat sunah. Pertanyaan yang sering muncul dalam berbagai forum atau majelis kajian Islam, apakah air mineral dapat digunakan untuk berwudhu?

Sebagaimana diketahui, air mineral merupakan air biasa yang telah melalui proses pembersihan bakteri. Sumber airnya dapat berasal dari air hujan, air sumber air alami, air laut, atau air biasa lainnya.

Proses pembersihan air mineral tadi, menggunakan teknologi. Awalnya dulu banyak menggunakan sinar ultraviolet, namun karena dampak bahayanya, kini sinar ozon dianggap sebagai alternatif yang lebih aman.

 Baca Juga: Terjerat Hutang dan Dikejar-kejar Dept Kolektor? Inilah Doa dan Upaya Sesuai Syariat Islam

Dilansir dari unggahan muhammadiyah.or.id, dari sudut pandang agama Islam, air mineral dianggap sebagai air mutlak yang suci dan mampu mensucikan.

 

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dalil yang mendukung kesucian air biasa yang berasal dari laut dan kemudian menjadi air sumur dapat ditemukan dalam Alquran. Salah satu diantaranya, seperti surat Al-Furqan ayat 48 yang menyatakan, “Dan Kami turunkan dari langit air yang suci/bersih.”

Selain itu, terdapat juga dalam surat Al-Anfaal ayat 11yang menegaskan, “Dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengannya.”

 Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Risalah Wanita Sebagai Tiang Negara dalam Syariat Islam

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah