Syariat Idul Adha: Catat, Cara Sembelih Hewan Korban Lengkap Doa dan Dalilnya

- 4 Juli 2022, 20:48 WIB
Tata cara penyembelihan hewan kurban Idul Adha sesuai syariat Islam
Tata cara penyembelihan hewan kurban Idul Adha sesuai syariat Islam /dok indonesiabaik.id/

KARANGANYARNEWS – Idul Adha yang lebih identik dengan Hari Kurban, tak lepas dari tradisi penyembelihan hewan piaraan dan membagi-bagikan dagingnya.

Terkaiat tata cara pelaksanaan kurban setiap Idul Adha ini, syariat Islam telah mengaturnya. Sebagaimana tersurat dan tersirat dalam Alquran, demikian juga hadist Nabi Muhammad SWT.

Syariatnya pun lengkap dan sempurna, mulai pemilihan hewan kurban yang memenuhi syarat, tata cara penyembelihannya hingga siapa saja yang berhak menerima daging kurban.

Berikut risalah syariat Islam, terkait tata cara pelaksanaan kurban Idul Adha, dilengkapi juga dalil-dalil yang mendasarinya.

Baca Juga: Kasus PMK Menjelang Idul Adha, Juliyatmono: Peternak Boleh Menolak Vaksinasi

Sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari portal disnakkeswan.jatengprov.go.id Senin, 04 Juli 2022. Disyariatkan, sebelum pelaksanaan kurban Idul Adha diperhatikan juga kesejahteraan hewan yang akan disembelih untuk kurban Idul Adha.

Selain itu, disebutkan juga perlu diperhatikan kandang tempat pemilaharaan serta kandang tempat penampungan sementara hewan yang akan dikorbankan.

Sebelum pelaksanaan kurban Idul Adha kandang harus bersih, kering, terhindar panas matahari, hujan, angin kencang. Kecukupan ketersedian air minum dan pakan hewan, harus juga tidak luput dari perhatian.

Baca Juga: Kasus PMK Menjelang Idul Adha, Peternak Sapi Karanganyar Tolak Vaksinasi

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x