Tanggal Berapa Puasa Ayyamul Bidh Bulan Oktober 2023? Ini Jadwal, Niat dan Manfaatnya

- 28 Oktober 2023, 22:24 WIB
Tanggal berapa puasa ayyamul bidh Bulan Oktober 2023? Ini jadwal, niat dan manfaatnya. Puasa ayyamul bidh dilakukan pada pertengahan bulan. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap)
Tanggal berapa puasa ayyamul bidh Bulan Oktober 2023? Ini jadwal, niat dan manfaatnya. Puasa ayyamul bidh dilakukan pada pertengahan bulan. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap) /

KARANGANYARNEWS - Tanggal Berapa Puasa Ayyamul Bidh Bulan Oktober 2023? Ini Jadwal, Niat dan Manfaatnya. Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam karena merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Salah satu cara untuk mengisi bulan ini dengan kebaikan adalah dengan melakukan puasa sunnah Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh dilakukan pada pertengahan bulan Hijriah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15. Puasa ini disebut juga sebagai puasa putih karena malamnya disinari oleh bulan purnama.

Puasa Ayyamul Bidh memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah mendapat pahala seperti puasa sepanjang tahun.

Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan at-Tirmidzi. Selain itu, puasa Ayyamul Bidh juga merupakan salah satu cara untuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW yang selalu berpuasa pada hari-hari tersebut.

Baca Juga: X Luncurkan Langganan Berbayar Premium+ dan Basic, Ini Fitur-fitur Kerennya

Berikut ini kami sajikan niat, jadwal, dan manfaat puasa Ayyamul Bidh di bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Niat adalah syarat utama untuk melakukan ibadah puasa. Tanpa niat, puasa tidak akan sah. Berikut ini adalah niat puasa Ayyamul Bidh yang bisa dibaca sebelum subuh:

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x