Prakiraan Hilal saat Matahari Terbenam 13 dan 14 November 2023, Penentu Awal Bulan Jumadilawal 1445 H

- 9 November 2023, 23:12 WIB
Prakiraan hilal saat matahari terbenam tanggal 13 dan 14 November 2023, penentu awal Bulan Jumadilawal 1445 H. (Foto ilustrasi: Pixabay/Forium-1)
Prakiraan hilal saat matahari terbenam tanggal 13 dan 14 November 2023, penentu awal Bulan Jumadilawal 1445 H. (Foto ilustrasi: Pixabay/Forium-1) /

KARANGANYARNEWS - Prakiraan Hilal saat Matahari Terbenam 13 dan 14 November 2023, Penentu Awal Bulan Jumadilawal 1445 H. Salah satu kalender digunakan manusia dalam pengaturan waktu sehari-hari adalah Bulan Qomariyah (Hijriyah), didasarkan pada keteraturan peredaran bulan dalam mengelilingi bumi, dan bumi bersama bulan dalam mengelilingi matahari.

Penentuan awal bulan Hijriyah ini sangat penting bagi umat Islam karena berhubungan dengan waktu ibadah, terutama bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah, salah satu tugas pokok dan fungsinya adalah memberikan pelayanan tanda waktu dan posisi bulan dan matahari.

Baca Juga: Daftar 5 Anime Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa, Ada Naruto hingga One Piece

BMKG memberikan pertimbangan secara ilmiah kepada stakeholder (Kementerian Agama, dll) dalam penentuan awal bulan Hijriyah.

Di samping memberikan informasi data-data hilal hasil hisab (perhitungan), BMKG juga melaksanakan rukyat (observasi) hilal di 29 lokasi Indonesia yang dapat disaksikan secara online di kanal https://hilal.bmkg.go.id/ setiap bulan.

Adapun untuk penentuan awal Bulan Jumadilawal 1445 H, BMKG menyampaikan informasi data-data hilal (hasil hisab) saat matahari terbenam yang dapat digunakan juga dalam pelaksanaan rukyat (observasi) hilal.

Baca Juga: 3616 Personel Kepolisian Siap Amankan Piala Dunia U-17 di Solo

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x