Sikerei, Dukun Sakti di Mentawai Penghubung Arwah Nenek Moyang

- 6 Januari 2024, 22:39 WIB
Sikerei, dukun sakti di Mentawai penghubung arwah nenek moyang. Sikerei mempunyai peranan penting dalam kehidupan Mentawai. (Foto: Dok. Istimewa)
Sikerei, dukun sakti di Mentawai penghubung arwah nenek moyang. Sikerei mempunyai peranan penting dalam kehidupan Mentawai. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS Sikerei, Dukun Sakti di Mentawai Penghubung Arwah Nenek Moyang. Mentawai merupakan sebuah kepulauan di lepas pantai Barat Sumatra, terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan memukau.

Selain itu, Mentawai juga memiliki kekayaan budaya masih dilestarikan hingga kini. Salah satu unsur penting dalam kebudayaan Mentawai adalah Sikerei.

Sikerei adalah nama dukun Kepulauan Mentawai. Sikerei dipercaya mempunyai kesaktian tinggi dan dekat dengan arwah nenek moyang.

Sikerei mempunyai peranan penting dalam kehidupan Mentawai, baik dalam bidang medis, spiritual maupun adat.

Baca Juga: Truk Pengangkut Surat Suara Pemilu Terjun ke Jurang di Semarang

Proses menjadi seorang sikerei

Tidak semua orang bisa menjadi sikerei. Sikerei dipilih oleh roh nenek moyang. Orang terpilih biasanya mengalami tanda-tanda tertentu, seperti rasa sakit tak tersembuhkan, mendengar suara-suara gaib, atau melihat bayangan aneh dan juga bisa lewat mimpi.

Begitu tanda-tanda itu muncul, orang tersebut akan menjalani proses pelatihan memakan waktu beberapa tahun.

Pelatihan ini dilakukan oleh staf senior Sikerei meliputi pengobatan tradisional, pengetahuan spiritual, pengetahuan tradisional, dan pengetahuan lainnya.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x