Puasa Ramadhan Tinggal 2 Hari: Catat, 8 Amalam Penghapus Dosa Masa Lalu

- 8 April 2024, 03:05 WIB
Jangan sia-siakan Puasa ramadhan yang tinggal 2 hari, berikut  8 amalan Bulan Suci Ramadhan teruntuk penghapus dosa masa lalu
Jangan sia-siakan Puasa ramadhan yang tinggal 2 hari, berikut 8 amalan Bulan Suci Ramadhan teruntuk penghapus dosa masa lalu /Pexels.com/RODNAE Productions

KARANGANYARNEWS – Muslim wajib tahu, jangan sia-siakan Puasa ramadhan yang tinggal 2 hari lagi. Berikut  8 amalan Bulan Suci Ramadhan teruntuk penghapus dosa masa lalu.

Sepanjang bulan suci Ramadhan yang penuh kemuliaan dan pengampunan ini, terdapat sejumlah amalan yang paling ijabah teruntuk melebur dan atau penghapus dosa yang dilakukan Muslim dan Muslimat sebelumnya.

Sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari laman dalamislam.com dan berbagai sumber lainnya, berikut 8 amalan paling mustajab dan ijabah teruntuk penghapus dosa masa lalu:

 

  1. Puasa Ramadan

Amalan paling utama yang harus dilakukan seluruh umat Islam di Bulan Suci Ramadhan, adalah Puasa Ramadhan satu bulan penuh, kecuali yang sedang berhalangan dan diperbolehkan tidak beruapasa fardlu menurut Syariat Islam.

 Baca Juga: Lebaran 2024: NU, Pemerintah dan Muhammadiyah Sama Versi

Selain berdasar ayat dan surat dalam Alquran, banyak juga sunnah Rasulullah SAW yang menjelaskan puasa Ramadhan sebagai ibadah wajib dan penghapus dosa.

Dua diantaranya, sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x