8 Lafadz Niat dan Doa Zakat Fitrah Terlengkap: Arab, Latin dan Terjemahan

- 4 April 2024, 04:05 WIB
Niat, unsur terpenting dalam semua ibadah. Berikut 8 lafadz niat dan doa zakat fitrah terlengkap. Arab, latin dan terjemahannya
Niat, unsur terpenting dalam semua ibadah. Berikut 8 lafadz niat dan doa zakat fitrah terlengkap. Arab, latin dan terjemahannya /Freepik/

KARANGANYARNEWS - Baik zakat fitrah maupun zakat harta, terdapat dua syarat yang harus dipenuhi. Pertama, berniat. Dan kedua, memberikan zakat kepada mustahiq. Berikut 8 lafadz niat dan doa zakat fitrah terlengkap. Arab, latin dan terjemahannya.

Niat, merupakan unsur paling penting dalam melaksanakan semua ibadah. Disebutkan, karena niat itulah yang menentukan sah dan tidaknya suatu ibadah yang dilakukan seseorang. Sebagaimana Nabi SAW bersabda:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى…

“Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan…” (HR. Bukhari no. 1)

 Baca Juga: Lailatul Qodar Tak Selalu Malam Ganjil, Nur Kholis: Maksimalkan Iktikhaf

Tidak terkecuali teruntuk zakat fitrah, karena baik zakat fitrah maupun zakat harta, terdapat dua syarat yang harus dipenuhi. Pertama, berniat di dalam hati (adapun melafalkannya dalam ucapan itu diajurkan untuk memantapkan niat).

Kedua, memberikan zakat kepada orang yang berhak menerima zakat atau mustahiq. Yaitu delapan golongan dalam Qs. at-Taubah [9]: 60. (Lihat: Zainuddin al-Malibari, Fathul Mu’in, hal. 245-248)

Dilansir KaranganyarNews.com dari portal mui.or.id, berikut bacaan niat zakat fitrah terlengkap, lafadz Arab, latin dan terjemahannya: 

 Baca Juga: Beda Iktikaf dengan Suluk Tarekat Naqsabandiyah, Betulkah Bid’ah?

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x