Muslim Wajib Tahu: 3 Waktu Paling Utama Menunaikan Zakat Fitrah

- 4 April 2024, 03:05 WIB
Selain Puasa Ramadhan, zakat fitrah juga sebagai kuwajiban setiap Muslim di Bulan Suci Ramadhan. Kapan waktu paling utama menunaikannya?
Selain Puasa Ramadhan, zakat fitrah juga sebagai kuwajiban setiap Muslim di Bulan Suci Ramadhan. Kapan waktu paling utama menunaikannya? /pixabay/Chaded2557/

KARANGANYARNEWS - Tak hanya ibadah fardlu Puasa Ramadhan, setiap Muslim juga diwajibkan menunaikan zakat fitrah di Bulan Suci Ramadhan. Kapan waktu paling utama teruntuk menunaikan zakat fitrah?

Dalam syariat Islam disebutkan, zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan setiap muslim  pada Bulan Suci Ramadhan.

Untuk menunaikan zakat fitrah juga terdapat syariat waktu paling utama, dimaksud agar umat Muslim tidak menunda-nunda pembayarannya. Dilansir dari portal baznas.jogjakota.go.id, berikut penjelasan waktu paling utama teruntuk menunaikan zakat fitrah:

 Baca Juga: Beda Iktikaf dengan Suluk Tarekat Naqsabandiyah, Betulkah Bid’ah?

 

Sebelum Hari Raya Idul Fitri

Waktu paling utama menunaikan zakat fitrah, disebutkan sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Terkait ketentuan waktu paling utama ini, sejalan dengan hadis dari Abu Hurairah yang menyatakan:

Nabi Muhammad SAW mewajibkan zakat fitrah untuk dibayar sebelum shalat Idul Fitri. Karena itulah, muslim dianjurkan menunaikan zakat fitrah sebelum Hari Raya tiba, agar dapat memenuhi kewajiban yang telah ditetapkan.

 

Setelah Terbenamnya Matahari pada Malam Takbiran

Jika belum sempat menunaikan zakat fitrah sebelum Hari Raya Idul Fitri,   waktu paling utama selanjutnya adalah setelah terbenamnya matahari pada malam takbiran.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x