Kolaborasi Muhammadiyah dengan Eco-Bhinneka; Rawat Kerukunan Beragama Melalui Aksi Lingkungan

- 12 April 2022, 00:41 WIB
Perwakilan Pengurus MLH PP Muhammadiyah bersama Tim Program Eco-Bhinneka Muhammadiyah
Perwakilan Pengurus MLH PP Muhammadiyah bersama Tim Program Eco-Bhinneka Muhammadiyah /Dok Eco-Bhinneka/

KARANGANYARNEWS - Eco-Bhinneka, program Perserikatan Muhammadiyah yang diharapkan dapat mengokohkan kontribusi merawat kerukunan bersama komunitas lintas agama, melalui aksi-aksi pelestarian lingkungan.

Tim program Eco-Bhinneka Muhammadiyah, 07 April 2022 menyelenggarakan silaturahmi dengan Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Agenda ini selain untuk memperkenalkan Program Eco-Bhinneka, juga dimaksud untuk  mendiskusikan rencana kolaborasi dengan MLH PP Muhammadiyah.

Baca Juga: Buka Bersama FKUB; Kehidupan Beragama di Klaten Penuh Toleran

Surya Rahman Muhammad, Program Manager Eco-Bhinneka menyampaikan,  Eco-Bhinneka termasuk rangkaian program Inisiatif Bersama untuk Aksi Keagamaan yang Strategis, lebih dikenal JISRA (Joint Initiative for Strategic Religious Action).

“JISRA merupakan sebuah program global yang mendorong isu toleransi, kebebasan beragama dan berkeyakinan di masyarakat” kata dia. Di Indonesia saat ini ada 10 organisasi yang melakukan program JISRA.

Salah satunya, Perserikatan Muhammadiyah. Eco Bhinneka Muhammadiyah saat ini dilaksanakan di 4 area, masing-masing; (1) Jawa Tengah (Surakarta); (2) Jawa Timur (Banyuwangi); (3) Kalimantan Barat (Pontianak); dan (4) Maluku Utara (Ternate). 

Baca Juga: SE PP Muhammadiyah; Inilah Fatwa Prokes Ramadhan Teruntuk Pimpinan Seluruh Tingkatan

“Di Muhammadiyah kami melihat isu toleransi hanya dibangun melalui tataran dialog saja, makanya susah menggapainya,” terang Surya dalam pertemuan silaturrahmi Eco-Bhinneka dengan MLHPP Muhammadiyah, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY ), Kamis  lalu .

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x