Sering Muncul di Tengah Pengunjung. Begini Ciri-ciri Blorong Penunggu Sendang Seliran Kotagede

- 25 April 2022, 22:18 WIB
Sendang Seliran di komplek makam Kotagede Yogyakarta
Sendang Seliran di komplek makam Kotagede Yogyakarta /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Sendang Seliran konon dijaga sosok Blorong yang kerap melakukan hubungan khusus dengan para pencari pesugihan.

Ya, Sendang Seliran yang berada di komplek makam raja-raja Mataram Kotagede Jogjakarta, memang banyak didatangi warga yang ingin menikmati kesegaran airnya.

Tak hanya sebatas mandi, banyak di antara mereka yang memiliki tujuan khusus saat datang ke tempat ini.

Di komplek makam Kotagede ini sebenarnya ada beberapa sendang. Namun yang utama adalah dua Sendang Seliran, yaitu lanang dan wadon. 

Baca Juga: Ngeri..! Begini Kekuatan Binatang Gaib Penjaga Benteng Keraton Kartasura

Nama seliran sendiri diyakini berasal dari istilah diselirani atau dilakukan sendiri. Sebab konon sendang ini memang dibuat sendiri oleh Panembahan Senopati dengan Ki Ageng Pemanahan, ayahnya saat awal-awal mendirikan Kerajaan Mataram.

Keberadaan sendang ini sendiri pada awalnya lebih terkait dnegan pelaksanaan ibadah shalat, di mana saat itu Panembahan Senopati yang akan menjalankan shalat kesulitan mendapat air.

Selanjutnya dia memohon kepada Tuhan dan mendapat petunjuk untuk menghentakkan kakinya di tanah, yang disusul dnegan keluarnya sebuah mata air.

Usai berwudhu dengan air yang keluar itu dan selesai menjalankan shalat, selanjutnya terbersit pikiran untuk memanfaatkan air itu untuk kepentingan memenuhi kebutuhan seluruh warga yang ada di Kotagede.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x