10 Perhatian untuk Penyelamatan Arsip Terjaga Nasional

- 15 Juni 2022, 21:11 WIB
Pentingnya penyelamatan arsip terjaga nasional demi keutuhan NKRI
Pentingnya penyelamatan arsip terjaga nasional demi keutuhan NKRI /perpusnas.go.id/

KARANGANYARNEWS – Penyelamatan arsip nasional untuk menjaga serta menjamin kemaslahatan bangsa serta keutuhan kedaulatan NKRI, mendapat perhatian besar dalam Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip Terjaga Nasional, yang diselenggarakan Arsip Nasional Republik Indonesia atau ANRI, di Hotel Grand Kemang Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Dalam kegiatan ini juga diserahkan Arsip Statis berupa Dokumen Nota Kesepahaman antara Perpusnas dan Perpustakaan Nasional Prancis, serta Salinan Autentik Arsip Terjaga berupa Dokumen Nota Kesepahaman antara Perpusnas dan Perpustakaan Nasional Korea Selatan serta Perpustakaan Nasional Kazakhstan.

Berikut 10 perhatian yang dilakukan sehubungan dengan penyelamatan arsip terjaga nasional, yang dilansir dari perpusnas.go.id.

1. Naik Signifikan

Baca Juga: Perpusnas Dukung Presidensi G20 Indonesia

Upaya yang dilakukan ANRI dalam membina kearsipan di Perpusnas, mendapatkan apresiasi dari Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, yang menilai Perpusnas telah mengalami peningkatan nilai kearsipan sangat signifikan, dari 35 menjadi 80 dalam lima tahun terakhir.

2. Pengetahuan dan Komitmen

Untuk mengelola manajemen pemerintahan dan tata kelola kenegaraan dibutuhkan pengetahuan arsip yang memadai, serta komitmen dalam menyiapkan dokumen karena sesungguhnya arsip merupakan identitas bangsa.

3. Tidak Dapat Tunjukkan Arsip, Dua Pulau Lepas

Meskipun tidak ada yang meragukan kekuatan persenjataan serta militer bangsa Indonesia, namun karena Indonesia tidak mampu menunjukkan arsip terjaga dari pulau Ligitan dan Sipadan dalam pengadilan internasional di Den Haag, maka kedua pulau tersebut lepas dari NKRI.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x