Warga Jateng Suspek Cacar Monyet, Ganjar: Perketat Penjagaan Masuk Indonesia

- 4 Agustus 2022, 08:05 WIB
Seorang warga Jawa Tengah diketahui tertular penyakit cacar monyet, Dinkes Provinsi menyatakan pasien tadi statusnya sebatas bergejala
Seorang warga Jawa Tengah diketahui tertular penyakit cacar monyet, Dinkes Provinsi menyatakan pasien tadi statusnya sebatas bergejala /Berita Sampang/

KARANGANYARNEWS – Kian menggejalanya suspek cacar monyet di beberapa daerah, pemerintah pusat diminta lebih memperketat penjagaan pintu masuk ke Indonesia.

Demikian disampaikan Gubernur Ganjar Pranowo, menindaklanjuti ditemukannya suspek cacar monyet di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Upaya ini menurutnya sangat diperlukan, sebagai langkah antisipasi wabah cacar monyet yang muncul di sejumlah negara asing dan kini telah menggejala di beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga: Ngeri! Cacar Monyet Serang 75 Negara, Indonesia Masuk Daftar?

“Wabah cacar monyet atau monkeypox juga menjadi perhatian serious di wilayah kami,” kata Ganjar Pranowo seusai menerima Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidronal) Laksamana Madya Nurhidayat di kantornya, Rabu 03 Agustus 2022.

"Kita masih pantau terus sampai hari ini. Kemarin ada yang bercirikan seperti itu (cacar monyet) tapi masih didalami," kata Gubernur Jawa Tengah kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, pasien suspek cacar monyet di wilayahnya tadi dalam pantauan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Dia tegaskan, pasien tersebut statusnya bergejala, belum dapat dipastikan positif cacar monyet.

Baca Juga: Jadi Kasus Pertama, Seorang Warga Singkawang Diduga Terinfeksi Virus Cacar Monyet

"Kita belum berani menentukan apakah itu monkeypox atau bukan tapi kita lagi pantau," terang mantan anggota DPR tadi. Disebutkan, sebelumnya di Jawa Tengah pernah ditemukan kasus serupa.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah