Kronologi Lengkap Pilot Batik Air Tertidur 28 Menit saat Penerbangan

- 9 Maret 2024, 18:29 WIB
Kronologi Lengkap Pilot Batik Air Tertidur 28 Menit saat Penerbangan
Kronologi Lengkap Pilot Batik Air Tertidur 28 Menit saat Penerbangan /ANTARA/Virna P Setyorini/

KARANGANYARNEWS - Kabar pilot Batik Air tertidur saat penerbangan menjadi topik hangat di dunia maya. Disebutkan bahwa pilot tersebut tertidur karena kelelahan.

Insiden pilot Batik Air tertidur ini dilaporkan telah menyebabkan pesawat registrasi PK-LUV tersebut sempat keluar jalur penerbangan dan tak merespons pusat pengendali wilayah (Area Control Centre/ACC).

Berikut ini kronologi lengkap pilot Batik Air tertidur saat penerbangan berdasarkan keterangan yang dirilis Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Baca Juga: Pilot Citilink Meninggal usai Lepas Landas, Begini Detik-detik Kronologi Lengkapnya hingga Mendarat Darurat

KNKT telah merilis laporan pendahuluan terkait insiden pilot dan kopilot pesawat Airbus A320 maskapai Batik Air rute Kendari-Jakarta yang tertidur selama 28 menit akibat kelelahan.

“Tidak ada yang terluka dalam insiden ini, dan tidak ada kerusakan di bagian pesawat,” begitu yang tertera dalam laporan awal pendahuluan KNKT yang diakses dari laman resmi di Jakarta, Sabtu.

Namun, KNKT tetap mengklasifikasikan insiden itu sebagai kategori insiden ‘serius’.

Baca Juga: Pesawat Smart Air Hilang Kontak, Ada Laporan Suara Dentuman

Kronologi lengkap

Dalam laporan kronologis KNKT, dijelaskan bahwa awalnya pilot (Pilot in Command/PIC) berusia 32 tahun dan kopilot (Second in Command/SIC) berusia 28 tahun itu mengoperasikan pesawat Airbus A320 yang membawa penumpang dari Jakarta menuju Kendari, dengan rute pulang pergi.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x