9 Pahlawan Nasional Wanita Populer Indonesia, Ada RA Kartini hingga Fatmawati

- 22 April 2024, 22:05 WIB
9 pahlawan nasional wanita populer Indonesia, ada RA Kartini hingga Fatmawati. Mereka adalah bukti nyata perjuangan untuk kemerdekaan dan kesetaraan tak hanya dilakukan kaum pria. (Dok. Istimewa/Historia)
9 pahlawan nasional wanita populer Indonesia, ada RA Kartini hingga Fatmawati. Mereka adalah bukti nyata perjuangan untuk kemerdekaan dan kesetaraan tak hanya dilakukan kaum pria. (Dok. Istimewa/Historia) /

KARANGANYARNEWS - 9 Pahlawan Nasional Wanita Populer Indonesia, Ada RA Kartini hingga Fatmawati. Indonesia, sebuah negara kaya sejarah, diwarnai tetesan darah para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan dan hak-hak rakyatnya.

Ketika kita berbicara tentang pahlawan nasional, sering kali nama-nama seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan RA Kartini muncul di benak kita.

Sejatinya, di balik sorotan terfokus pada nama besar tokoh-tokoh itu, ada sejumlah wanita luar biasa turut berperan memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Berikut sepuluh pahlawan nasional wanita Indonesia yang layak kita kenal dan hargai, dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Salah Satunya Perpanjang Umur

  1. RA Kartini

RA Kartini menjadi salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah Indonesia. Perannya dalam perjuangan emansipasi wanita memang tak bisa diabaikan.

Kartini adalah pioner gerakan wanita di Indonesia, berjuang memberikan pendidikan setara bagi kaumnya.

  1. Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien adalah seorang pahlawan nasional yang gigih melawan penjajah kolonial Belanda selama Perang Aceh.

Dia tak cuma berjuang di medan perang, namun juga memimpin para wanita Tanah Rencong dalam perlawanan terhadap kolonialisme.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x