Fix! Stadion Manahan jadi Tuan Rumah Semifinal dan Final Piala Dunia U-17

- 23 Juli 2023, 17:04 WIB
Stadion Manahan jadi tuan rumah semifinal dan final Piala Dunia U-17. Kota Solo dipilih sebagai lokasi pertandingan final dan semifinal Piala Dunia U-17 pada November 2023. (Foto: Dok. Istimewa)
Stadion Manahan jadi tuan rumah semifinal dan final Piala Dunia U-17. Kota Solo dipilih sebagai lokasi pertandingan final dan semifinal Piala Dunia U-17 pada November 2023. (Foto: Dok. Istimewa) /
KARANGANYARNEWS - Stadion Manahan jadi Tuan Rumah Semifinal dan Final Piala Dunia U-17. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir memilih Kota Solo sebagai lokasi pertandingan final dan semifinal Piala Dunia U-17 pada November 2023 mendatang. 

Hal itu diungkapkan Erick Thohir usai meninjau pelaksanaan seleksi tim nasional U-17 di Stasion Sriwedari, Solo, Minggu, 23 Juli 2023.

Dalam kegiatan ini, Erick Thohir mengatakan Solo akan menjadi salah satu stadion penyelenggara U-17.
 
Kendati pernah masuk dalam klasifikasi Piala Dunia U-20, pihaknya bersama FIFA akan kembali melakukan verifikasi stadion-stadion yang dipilih. 
 
 
"Mengecek tadi seluruh stadion yang diusulkan untuk U-17, memang khususnya Kota Solo untuk U-17. Ya memang ini sudah U-20, namun akan mengecek ulang," ungkapnya. 
 
Terdapat tujuh stadion digadang sebagai venue alias tempat penyelenggaraan acara Piala Dunia U-17, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Gelora Sriwijaya Jakabaring, Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Bung Tomo (GBT), Kapten I Wayan Dipta, dan Stadion Pakansari.
 
 
Lebih lanjut, Erick Thohir memastikan Stadion Manahan Solo menjadi lokasi pertandingan final dan semifinal Piala Dunia U-17 2023.  
 
 
"Solo akan menjadi tempat semifinal dan final. Saya sampaikan tadi, ini merupakan sejarah PON (Pekan Olahraga Nasional) kali pertama digelar," jelasnya.
 
Erick Thohir berharap penunjukan Solo ini bisa menorehkan sejarah baru bagi persepakbolaan Indonesia, khususnya pada ajang Piala Dunia U-17 2023.
 
"Ini kota bersejarah, PON pertama digelar di sini. Siapa tahu sepak bolanya buat sejarah, tetapi beban ini jangan dibuat berat," ujar dia. 
 
Perlu diketahui, Solo menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pertama pada 1948.
 
 
Ditanya soal gelaran pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-17, Erick Thohir enggan menjawab. Pihaknya meminta warga untuk menunggu penetapannya mendatang.
 
"Tunggu dulu, satu-satu dulu," katanya. 
 
Sementara itu, menanggapi terpilihnya Stadion Manahan sebagai venue final dan semifinal, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku masih menunggu verifikasi terkait fasilitas dan kesiapannya. 
 
Ia optimis stadion homebase Persis Solo akan lolos, pasalnya sebelumnya FIFA juga telah melakukan pengecekan pada saat Piala Dunia U-20 lalu. 
 
"Kita tunggu saja ya hasil FIFA. Kalau ada penambahan nanti akan kami penuhi dan tambahan-tambahan fasilitas sesuai dengan arahan Pak Ketum PSSI," ungkapnya. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x