Tinjau Perbaikan Jalan Solo-Purwodadi, Jokowi Sebut Sejak Kecil Lewat Sini: Enggak Pernah Beres!

- 23 Juli 2023, 16:53 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek perbaikan Jalan Solo-Gemolong (Sragen)-Purwodadi, tepatnya di Jalan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Minggu, 23 Juli 2023. (Foto: Dok. Istimewa)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek perbaikan Jalan Solo-Gemolong (Sragen)-Purwodadi, tepatnya di Jalan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Minggu, 23 Juli 2023. (Foto: Dok. Istimewa) /
KARANGANYARNEWS Tinjau Perbaikan Jalan Solo-Purwodadi, Jokowi Sebut Sejak Kecil Lewat Sini: Enggak Pernah Beres. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek perbaikan Jalan Solo-Gemolong (Sragen)-Purwodadi, tepatnya di Jalan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Minggu, 23 Juli 2023. 

Rombongan presiden tiba di lokasi sekira pukul 10.00 WIB. Kedatangannya disambut warga sekitar dan sejumlah siswa sekolah yang telah menunggu dari pagi. 

Selain Jokowi, hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan jajaran pemerintah setempat. 
 
Jokowi lantas mengecek konstruksi pengecoran jalan yang dilakukan pekerja proyek.
 
 
Ia memuji perkembangan proyek perbaikan jalan di Provinsi Jawa Tengah telah mencapai 88 persen pada tahap pertama. 
 
"(Proyek perbaikan jalan di) Jawa Tengah saya lihat pemantapan jalan provinsinya bagus kalau dibandingkan di Sumatra rata-rata 60-an persen. Di sini tadi dapat laporan dari pemerintah provinsi sudah 88 persen, baik," ungkap presiden kepada awak media di sela kunjungannya. 
 
Pengerjaan tahap pertama konstruksi jalan Solo-Purwodadi telah mencapai 54,5 persen. Jokowi mengaku, jalan Solo-Purwodadi kerap ia lalui sedari kecil. 
 
 
Menurut Jokowi, keadaan jalan provinsi ini sering kali rusak dan berlubang. Sebelum perbaikan, jalan ini juga telah lama rusak. 
 
"Memang khusus untuk jalan ini saya dari kecil setiap hari lewat jalan sini, enggak pernah beres. Sekarang kalau konstruksinya seperti ini memang dua kali lebih mahal, tapi saya kira pemakaiannya bisa lebih dari sepuluh tahun. Kalau pakai aspal mungkin enggak ada dua tahun rusak lagi, hampir dua tahun nggak beres lagi," katanya. 
 
Untuk itu, pada perbaikan jalan provinsi ini dipilih konstruksi lebih kokoh dan berumur panjang. Terlebih jalan provinsi ini menjadi jalur utama kendaraan-kendaraan besar. 
 
 
"Ini yang sedang kita kerjakan. Semoga dengan konstruksi yang kita lakukan ini Jalan (Solo) Purwodadi akan baik selamanya. Ini konstruksinya tebalnya yang untuk mejanya saja 10 cm, di atasnya ada lagi 25 cm. Ini jangka panjang. Mahal, tapi jangka panjang," terang presiden. 
 
Jalan Solo-Purwodadi diperbaiki sepanjang 8,7 kilometer dengan nilai kontrak sebesar Rp97,4 miliar. Proyek konstruksi dimulai pada 14 Desember 2022 hingga 14 Desember 2023. 
 
Tak hanya Jalan Solo-Purwodadi, perbaikan jalan juga dilakukan di sejumlah titik jalan provinsi serta jalan kota dan kabupaten di seluruh Tanah Air.
 
Anggaran dialokasikan pada kurun 2023, perbaikan tahap pertama senilai Rp7 triliun dan tahap kedua Rp7 triliun.  ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x