Sejumlah Penonton Dieng Culture Festival Dievakuasi karena Hipotermia 

- 4 September 2022, 01:04 WIB
Salah seorang penonton konser jazz di awan
Salah seorang penonton konser jazz di awan /Instagram

KARANGANYARNEWS - Sejumlah penonton DCF atau Dieng Culture Festival dievakuasi tim relawan karena diduga mengalami hipotermia, Sabtu 3 September 2022 malam di lokasi acara bertajuk konser jazz di atas awan tersebut.

Akun Twitter BPBD Banjarnegara menyebutkan, para penonton yang menderita hipotermia tersebut tak kuat menahan suhu udara di lokasi acara Dieng Culture Festival yang mencapai 11 derajat celsius. Pihak BPBD melalui ciutannya juga mengimbau para penonton untuk menggunakan pakaian tebal.

"Kasih jalan! Kasih jalan," begitu suara relawan dalam rekaman video evakuasi penonton yang diunggah di Twitter.

Sekadar informasi tambahan, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) "Dieng Pandawa", Desa Dieng Kulon, Alif Faozi mengatakan dalam pergelaran DCF XIII, pihaknya melakukan sejumlah perubahan rangkaian acara, salah satunya prosesi ruwatan atau pencukuran anak-anak berambut gimbal yang biasanya digelar pada hari ketiga diubah menjadi hari kedua.

Selain ruwatan anak-anak berambut gimbal, kata dia, sejumlah acara dalam rangkaian kegiatan DCF XIII pun mengalami pergeseran waktu pelaksanaannya.

Bahkan, lanjut dia, banyak pula acara yang pelaksanaannya digeser ke hari pertama kegiatan DCF dengan harapan wisatawan bisa benar-benar maksimal berada di Dieng.

"Karena kami berpikir pada dampak ganda yang diharapkan dari kunjungan wisatawan seandainya mereka bisa menginap full dua malam, maka perputaran ekonomi di masyarakat bisa bangkit," kata Alif sebagaimana dilansir dari AntaraNews.

Pergelaran Dieng Culture Festival (DCF) XIII Tahun 2022 yang sedianya akan dilaksanakan pada Agustus namun akhirnya dialihkan ke September.

"Kalau bulan Agustus, di penanggalan Jawa (itu) bulan Sura. Bulan Sura di budaya Jawa tidak boleh punya 'gawe' (hajatan atau acara besar, red.), sehingga kami undur jadi bulan September," kata Alif.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah