Lebih Istimewa dari Sebelumnya, Tour de Borobudur (TdB) XXII 2022 Libatkan Anak Disabilitas

- 29 September 2022, 13:05 WIB
Ganjar Pranowo menunjukkan desain jersey karya Jason Santoso, anak berkebutuhan khusus asal Solo, dalam konferensi pers Tour de Borobudur XXII 2022
Ganjar Pranowo menunjukkan desain jersey karya Jason Santoso, anak berkebutuhan khusus asal Solo, dalam konferensi pers Tour de Borobudur XXII 2022 /Humas Pemprov Jateng/

KARANGANYARNEWS – Meski perbedaan gelaran Bank Jateng Tour de Borobudur (TdB) XXII tahun 2022 ini tidak jauh dari tahun sebelumnya, namun ada hal istimewa.

Istimewanya, karena melibatkan anak penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus. Mereka dilibatkan mendesain, hasilnya ditempelkan pada jersey yang nantinya ada dalam acara.

“Bedanya, sekarang jersey kita buat dengan desain unik dari anak-anak berkebutuhan khusus," kata Gubernur Ganjar Pranowo dalam acara konferensi pers Tour de Borobudur XXII di GOR Jatidiri, Semarang, Rabu 28 September 2022.

Baca Juga: Diundang Pertemuan Menteri Kebudayaan G20, Ganjar: Optimalkan Promosi Candi Borobudur

Sebagai gambaran, jersey yang nanti akan dikenakan peserta Bank Jateng Tour de Borobudur XXII tanggal 5-6 November 2022 cukup unik. Desain dari Jason yang masih duduk di bangku ke XII terdapat unsur makanan, tempat wisata, dan kebudayaan berupa gambar wayang.

Keterlibatan penyandang disabilitas atau anak berkebutuhan khusus, menurut Gubernur Jawa Tengah merupakan wujud dari tema yang diangkat penyelenggara.

Disebutkan tema Tour de Borobudur XXII tahun 2022 ini, "Recover Together Stronger" sebagai semangat kebangkitan bersama, setelah dua tahun lebih dihantam pandemi Covid-19.

Baca Juga: Chek Fakta, Benarkah Candi Borobudur Tak Masuk 7 Keajaiban Dunia?

"Mudah-mudahan ini bagian dari cara kita berkolaborasi dan memberikan semangat pada kegiatan ini termasuk partisipasi kepada mereka," kata Ganjar Pranowo.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x