Waspada Gelombang Tinggi, Wisatawan Pantai di Sepanjang Jabar, Jateng, DIY Diimbau Hati-hati

- 28 Januari 2024, 10:30 WIB
Waspada Gelombang Tinggi, Wisatawan Pantai di Sepanjang Jabar, Jateng, DIY Diimbau Hati-hati
Waspada Gelombang Tinggi, Wisatawan Pantai di Sepanjang Jabar, Jateng, DIY Diimbau Hati-hati /KaranganyarNews/Abednego Afriadi

KARANGANYARNEWS - Seluruh pengguna jasa kelautan diimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada 28-29 Januari 2024.

Imbauan itu disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berdasarkan analisis, tinggi gelombang di laut selatan Jabar hingga DIY berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, potensi terjadinya gelombang tinggi tersebut dipicu oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari arah barat laut-barat daya dengan kecepatan angin 6-25 knot.

Baca Juga: Wisata Alam Pantai di Sibolga Ini Recommended Semua, Ramah Keluarga, Bersih, Rapi dan Indah

Kecepatan angin yang tinggi dan cenderung searah berpotensi meningkatkan tinggi gelombang laut.

Menurut dia, wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi meliputi perairan selatan Sukabumi, selatan Cianjur, selatan Garut, selatan Tasikmalaya,  selatan Pangandaran, selatan Cilacap, selatan Kebumen, selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Selain itu, Samudra Hindia selatan Sukabumi, selatan Cianjur, selatan Garut, selatan Tasikmalaya, selatan Pangandaran, selatan Cilacap, selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia Yogyakarta.

Baca Juga: 7 Pantai Paling Indah di Mentawai, Cek Alamat Lengkap dan Buktikan Keindahannya

"Terkait dengan hal itu, kami mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk memerhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran," ujarnya menjelaskan.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x