Satupena Jawa Tengah Gasspoll Program Literasi, Tahun Ini Terbitkan 4 Buku Antologi

- 4 Juni 2024, 12:35 WIB
Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie dan Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah Mohammad Agung Ridlo
Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie dan Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah Mohammad Agung Ridlo /Foto: Dok. Satupena Jateng/

KARANGANYARNEWS - Gerak cepat atau gasspoll program literasi, Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Jawa Tengah tahun 2024 ini akan menerbitkan empat buku. Demikian disampaikan Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie di sekretariat organisasi tersebut, Jalan Taman Karonsih I, Semarang, Selasa, 04 Juni 2024. 

Empat buku yang segera terbit tadi masing-masing antologi esai tentang tata ruang berjudul “Dari Hulu ke Hilir”, antologi esai tentang profil para tokoh yang berjuang dan mengharumkan nama Semarang berjudul “Mereka yang Berjuang untuk Semarang”.

Dua buku lagi, sebagaimana disampaikan Gunoto Saparie kepada wartawan, antologi puisi tentang cinta dan filsafat, dan antologi cerita pendek bertema moderasi beragama.

 Baca Juga: Lahirkan Pendiri Muhammadiyah dan NU, KH Sholeh Darat Diusulkan Pahlawan Nasional

Dijelaskan, rencana penerbitan buku antologi esai tentang tata ruang merupakan kerja sama Satupena Jawa Tengah dengan Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Selain itu, menurutnya juga kerja sama dengan Komite Seni Budaya Nusantara Jawa Tengah. Dijelaskan, Esai-esai dalam buku ini diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran tentang sistem perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian ruang.

 

Peluncuran Buku

Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah Mohammad Agung Ridlo menambahkan, ruang wilayah di Indonesia terdiri dari matra darat (hulu) dan matra laut (hilir), di mana sering terjadi konflik kepentingan dan mengalami berbagai bencana.

 Baca Juga: Rapat Persiapan Pengukuhan, Satupena Kota Semarang Bahas Program Kerja Jangka Pendek

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah