Pertamina Balikpapan Produksi Lumpur, Apa Kegunaannya?

- 20 Februari 2022, 09:56 WIB
Produksi Smooth Fluid 05 di Refinery Unit Balikpapan.
Produksi Smooth Fluid 05 di Refinery Unit Balikpapan. /Humas Pertamina/

KARANGANYARNEWS-Produk lumpur pendukung pengeboran produksi Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan kian dipercaya.

Sepanjang 2021, KPI Unit Balikpapan telah memproduksi Smooth Fluid 05 (SF 05) sebanyak 113,5 ribu barrel. Produk ini dipakaiPertamina Group, yaitu Pertamina EP, Pertamina Hulu Sanga-Sanga, Pertamina Hulu Mahakam dan Pertamina Hulu Kalimantan Timur.

SF-05 diproduksi di RU Balikpapan sejak tahun 2007," kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam siaran pers.

Baca Juga: Ingat Janjinya ya, Ini Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Curah Perliternya

Dikatakan, SF-05 adakah salah satu produk non-BBM yang hanya diproduksi Refinery Unit (RU) Pertammina Balikpapan. Lantas, apa itu Smooth Fluid 05?

Menurut Chandra, SF-05 merupakan cairan fluida yang digunakan dalam pengeboran dari fraksi minyak. SF-05 digunakan sebagai komponen dari oil base mud (lumpur pengeboran).

Cairan ini memiliki karakteristik khusus antara lain non-korosif dan kompatibel dengan peralatan pengeboran, mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi.

Baca Juga: Ditemukan 1,1 Juta Liter Minyak Goreng di Gudang saat Sidak, Wahhh..Ini nihh..

Cairan ini juga mempunyai keamanan yang baik pada peralatan kerja, mempunyai keamanan yang baik di area lumpur, serta mempunyai kestabilan yang baik untuk penyimpanan jangka panjang.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x