Jenis Bantuan Sosial yang Tersedia di Bulan April 2024 dan Cara Cek Penerima PKH, BPNT dan BLT

- 1 April 2024, 13:35 WIB
Jenis Bantuan Sosial yang Tersedia di Bulan April 2024 dan Cara Cek Penerima PKH, BPNT dan BLT
Jenis Bantuan Sosial yang Tersedia di Bulan April 2024 dan Cara Cek Penerima PKH, BPNT dan BLT /Instagram.com/@kemensosri

KARANGANYARNEWS - Memasuki bulan April 2024, dan ini berarti penyaluran program Bantuan Sosial (Bansos) pemerintah Indonesia memasuki babak baru.

Bagi Anda yang membutuhkan atau sedang mencari informasi terbaru mengenai jenis dan kriteria Bansos yang tersedia di bulan April 2024, Anda berada di tempat yang tepat.

Artikel ini akan membahas secara komprehensif mengenai daftar Bansos yang siap disalurkan serta langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima manfaat.

Pemerintah Indonesia menawarkan berbagai macam program Bansos yang ditujukan untuk masyarakat kurang mampu dan terdampak pandemi. Berikut beberapa program Bansos yang akan disalurkan pada bulan April 2024:

Baca Juga: Kapan THR PNS 2024 Cair? Simak Jadwal Pencairan dan Besarannya DISINI

  1. Program Keluarga Harapan (PKH): PKH merupakan program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada keluarga miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Bansos PKH ini diberikan dengan tujuan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin, meningkatkan taraf hidup, dan memutus mata rantai kemiskinan antar generasi.
  2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT): BPNT adalah program pemberian bantuan berupa bahan pangan pokok kepada KPM melalui Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS). Bantuan ini tidak bisa diuangkan dan harus digunakan untuk membeli bahan pangan pokok di agen atau toko yang bekerjasama dengan program BPNT.
    Kartu Sembako: Bantuan ini sejenis dengan BPNT, namun penyalurannya dilakukan melalui transfer dana ke rekening milik KPM. Dana tersebut kemudian bisa digunakan untuk membeli bahan pangan pokok di warung atau toko yang ditunjuk.
  3. Bantuan Langsung Tunai (BLT): BLT merupakan bantuan tunai yang diberikan kepada masyarakat terdampak kondisi tertentu, seperti bencana alam atau pandemi COVID-19. Besaran dan kriteria penerima BLT bisa berbeda-beda tergantung pada kebijakan pemerintah dan situasi yang terjadi.
  4. Bantuan Subsidi LPG: Bantuan ini diberikan dalam bentuk potongan harga untuk pembelian LPG 3 Kg bagi masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: FULL SENYUM! Tunjangan Hari Raya (THR) 2024 Telah Cair bagi Pensiunan TNI-Polri

Cara Mengecek Apakah Anda Termasuk Penerima Bantuan Sosial

Pemerintah telah menetapkan mekanisme dan prosedur yang jelas untuk menentukan penerima Bansos. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah Anda termasuk KPM:

  1. Akses situs web Kemensos: Kunjungi situs web resmi Kemensos di https://cekbansos.kemensos.go.id/ dan cari menu "Cek Bansos".
  2. Masukkan data diri: Pada menu "Cek Bansos", masukkan data diri Anda seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan tempat tinggal.
  3. Ketik nama lengkap: Masukkan nama lengkap Anda sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Lihat hasil pencarian: Sistem akan menampilkan informasi apakah Anda terdaftar sebagai penerima Bansos atau tidak.

Jika Anda Tidak Terdaftar sebagai Penerima Bansos

Jika setelah melakukan pengecekan nama Anda tidak muncul sebagai penerima Bansos, jangan berkecil hati.

Halaman:

Editor: Mupus Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x