Dorce Gamalama Nggak Terima Dinasehati Ulama, Netizen: Jangan Keras Hati...

- 31 Januari 2022, 14:31 WIB
Dorce Gamalama saat dijenguk komedia Sule di rumahnya.
Dorce Gamalama saat dijenguk komedia Sule di rumahnya. /Tangkapan layar YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo

KARANGANYARNEWS - Artis senior Dorce Gamalama terkesan nggak terima dengan komentar para kiai yang menentang wasiatnya saat dia meninggal dunia nanti.

Sebelumnya, Dorce meminta jika meninggal agar dimandikan, dikafankan dan dikuburkan layaknya seorang wanita seperti selama ini.

Di Kanal YouTube Curhat Bang Denny Soemargo, dia mengungkapkan sudah menyiapkan kain kafan, dan liang lahat untuk dirinya, termasuk pihak yang mengurus pemakamannya.

Baca Juga: Dorce Gamalama; Nyesek, Sudah Tak Berdaya Masih Juga Panen Hujatan

 “Saya tidak mau makam disemen, nggak usah pakai nama, pakai rumput aja. Nggak ada 7 hari, nggak ada 40 hari, nggak ada 100 hari, udah cukup,” kata Dorce Gamalama.

Dorce terlahir sebagai laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi. Namun, dia kemudian memutuskan untuk operasi ganti kelamin pada tahun 1983.

Salah satu kiai sekaligus pendakwah, Gus Miftah, menanggapi ‘wasiat’ itu. Menurut dia, dalam surat Alhujurat Allah hanya menciptakan jenis kelamin, laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: Wasiat Dorce Bikin Merinding, Siapkan Kain Kafan hingga Makamnya Sendiri

Dalam fiqih, jelas dia,  ada jenis kelamin ketiga namanya honsah untuk orang yang berjenis kelamin dua, laki atau perempun. Mereka bisa dijadikan laki-laki atau perempun dengan analisa medis.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x