Siang Hari Ramadhan Berhenti Haid, Haruskah Berpuasa?

- 12 April 2022, 03:33 WIB
Ilustrasi perempuan berhenti masa haid di siang hari saat bulan Ramadhan
Ilustrasi perempuan berhenti masa haid di siang hari saat bulan Ramadhan /halodoc.com/

KARANGANYARNEWS - Jikalau haid berhenti di siang hari saat bulan Ramadan, apakah perempuan yang bersangkutan wajib berpuasa?

Berhenti atau berakirnya waktu haid atau menstruasi, mamang sulit diprediksi. Bisa pagi hari, siang hari, sore hari atau pun malam hari. Sebagaimana diketahui, perempuan yang sedang haid dilarang untuk berpuasa maupun salat.

Dikutip dari halodoc.com, menstruasi adalah terjadinya perdarahan pada uterus yang mengalir dari rahim dan keluar melalui vagina. Kondisi ini memang siklus normal pada wanita yang umumnya terjadi setiap bulan.

Baca Juga: Puasa Ramadhan Pakai Celak dan atau Softlens, Batalkah?

Menstruasi dapat disebut juga dengan haid atau terkadang datang bulan. Siklus menstruasi terjadi karena naik turunnya hormon di dalam tubuh wanita.

Durasi siklus menstruasi terjadi rata-rata setiap 28 hari dengan lama sekitar 4 hingga 6 hari. Saat wanita mengalami siklus menstruasi, tubuhnya mengalami perubahan pada kadar hormon.

Kondisi ini mampu memengaruhi banyak hal, termasuk juga fisik dan emosi yang dapat timbul beberapa hari sebelum proses keluar darah dari organ intim terjadi.

Baca Juga: Mandi Junub Setelah Imsak, Batalkah Puasa Ramadhannya?

Gejala yang timbul sebelum menstruasi, disebut juga dengan premenstrual syndrome (PMS). Gejala yang pasti terjadi saat menstruasi adalah pendarahan yang disertai dengan tanda-tanda tambahan yang dapat dirasakan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x