Tausiah Hari Ini; Inilah Ketauladanan Mariyah, Umul Mukmin Nan Istiqoma

- 28 Mei 2022, 17:49 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

SIAPA sebenarnya Mariyah al-Qibtiyah? Dia adalah budak yang dinikahi Nabi Muhammad SAW, satu-satunya istri Rasulullah yang berasal dari Mesir.

Kedatangannya dari Mesir ke Madinah, merupakan hadiah dari penguasa Mesir Muqauqis. Saat itu Rasulullah mengirim surat melalui Hatib bin Balta’ah,  menyerukan Raja Mesir untuk memeluk Islam.

Raja Muqauqis menerima kedatangan Hatib dengan baik. Namun, dia menolak ajakan Rasulullah memeluk Islam. Ketika Hatib kembali ke Yatsrib, Muqauqis memberi banyak hadiah untuk Rasulullah.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Meluruskan Persepsi Terusirnya Nabi Adam dari Surga

Ada keledai dan kuda putih, pakaian pilihan, serta kerajinan dari Mesir. Dia juga menyertakan tiga hamba sahaya, yakni Mariyah, dan saudara perempuannya Sirin serta Maburi.

Di tengah perjalanan, ketiga hamba sahaya itu terlihat sangat sedih. Mereka seakan tidak rela meninggalkan kampung halamannya, Mesir. Hatib menghibur dengan menceritakan tentang Rasulullah dan keindahan agama Allah, Islam.

Lalu, dia mengajak Mariyah, Sirin, dan Maburi memeluk Islam. Ketiga budak asal Mesir itu, pun menerima dengan ikhlas memeluk Islam.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Inilah Menangis yang Bermanfaat di Akhirat Kelak

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x