Mengangkat Uniknya Legenda Batik 3 Negeri dalam Event Solo Batik Fashion 2022

- 17 September 2022, 22:37 WIB
Cerita legenda Batik 3 Negeri akan diangkat dalam event Solo Batik Fashion ke-14
Cerita legenda Batik 3 Negeri akan diangkat dalam event Solo Batik Fashion ke-14 /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Event Solo Batik Fashion (SBF) akan kembali digelar pada 1 hingga 5 Oktober 2022 mendatang, dengan mengangkat cerita tentang Batik 3 Negeri.

Cerita ini diangkat dalam event SBF ke-14 karena batik legendaris asal Kota Solo tersebut memiliki keunikan dan keistimewaan yang tidak dimiliki batik-batik lain.

Salah satu keistimewaan batik karya peranakanan Tionghoa ini, yakni memiliki pewarnaan campuran dari tiga kota yakni Lasem, Pekalongan, dan Solo. 

Kota Lasem menjadi tempat pewarnaan merah yang disebut dengan getih pitik atau darah ayam. Warna ini mewakili etnis Tionghoa yang banyak tinggal di sana.

"Batik 3 negeri ini dibuat secara turun temurun di Kota Solo. Dan batik ini bisa dikatakan telah menjadi legenda karena sudah tidak diproduksi lagi sejak pertengahan 80an,"jelas Ketua Panitia SBF 14, dalam acara press conference yang digelar pada Sabtu 17 September 2022 di Hotel Solia Zigna Laweyan, Solo.

Baca Juga: 5 Serba-serbi Solo Batik Carnival 2022, yang Digelar Minggu Depan

Selain mengangkat cerita tentang batik legendaris Kota Solo, SBF 14 yang mengangkat tema “Culture UNITY Adiluhung Pesona Bangsa” ini juga akan dikonsep berbeda dengan gelaran-gelaran sebelumnya.

Sebab dalam event SBF nanti, acara akan digelar di dua tempat berbeda. Yang pertama di Pendhapi Gedhe Balai Kota Surakarta, sedangkan yang kedua di Mall Solo Paragon.

Sejumlah desainer ternama baik dari dalam maupun luar negeri akan ikut serta dalam gelaran SBF 14 ini.

Di antara nama-nama tersebut ada Itang Yunasz dari Jakarta, Lia Afif dari Surabaya, Aam Kekean dan Cok Abi dari Denpasar, Tuty Adib dari Solo, serta  desainer luar negeri yakni Anuar Faizal dari Malaysia, Galiel Batika dari Belanda, dan Ji Hwan dari Korea.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x