Rekomendasi 5 Jamu Tradisional Paling Top, Cocok Banget buat Kesehatan Tubuh

- 5 Juli 2023, 19:05 WIB
Rekomendasi 5 jamu tradisional paling top, cocok banget buat kesehatan tubuh. Keberadaan jamu telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. (Foto ilustrasi: Pixabay/ulilamrie89)
Rekomendasi 5 jamu tradisional paling top, cocok banget buat kesehatan tubuh. Keberadaan jamu telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. (Foto ilustrasi: Pixabay/ulilamrie89) /

KARANGANYARNEWS – Rekomendasi 5 Jamu Tradisional Paling Top, Cocok Banget buat Kesehatan Tubuh. Menilik sejarahnya, keberadaan jamu telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. Hal itu diketahui dari penemuan artefak cobek dan ulekan sebagai alat tumbuk jamu di situs arkeologi Liyangan, lereng Gunung Sindoro, Jawa Tengah.

Jamu sempat mengalami masa surut saat masyarakat mulai mengenal obat-obatan modern dan munculnya kampanye obat bersertifikat.

Selain artefak, kisah tentang alat pembuatan jamu ditemukan pada relief Karmawibhangga di Candi Borobudur, serta relief di beberapa candi lain, seperti Candi Prambanan dan Candi Bawang.

Kepercayaan kepada khasiat jamu kembali di era penjajahan Jepang, tepatnya pada 1940-an dengan dibentuknya Komite Jamu Indonesia.

Baca Juga: Tarif QRIS Naik Mulai 1 Juli 2023, Ini Dia Alasannya

Nah, lantas apa saja sih rekomendasi jamu yang dapat kamu konsumsi secara rutin untuk kesehatan tubuh? Yuk kita simak ulasan berikut, disarikan dari berbagai sumber.

  1. Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur menjadi salah satu jenis minuman obat tradisional favorit dan disukai banyak orang.

Rasanya manis dan segar biasa disajikan hangat atau juga ditambahkan es batu.

Bahan jamu beras kencur adalah kencur, jahe, beras putih, air asam jawa, kunyit, gula pasir, gula jawa, dan air.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah