Arti Tanda Belok Kiri Langsung di Lampu Merah, Jalan atau Berhenti? ini Penjelasannya

- 6 Juli 2023, 22:00 WIB
Arti tanda belok kiri langsung di lampu merah, jalan atau berhenti, ini penjelasannya. Rambu-rambu lalu lintas merupakan suatu penanda berkendara. (Foto: Fadhilatul Kholifi)
Arti tanda belok kiri langsung di lampu merah, jalan atau berhenti, ini penjelasannya. Rambu-rambu lalu lintas merupakan suatu penanda berkendara. (Foto: Fadhilatul Kholifi) /

KARANGANYARNEWS - Arti Tanda Belok Kiri Langsung di Lampu Merah, Jalan atau Berhenti? ini Penjelasannya. Rambu-rambu lalu lintas merupakan suatu penanda berupa gambar sederhana di dalamnya memuat kalimat, angka, huruf, warna, lambang, atau pun perpaduan antara ke lima hal tersebut.

Rambu lalu lintas kebanyakan berada di area jalan raya yang sering dilalui kendaraan bermotor, seperti mobil, truk, sepeda motor, dan sejenisnya.

Tujuan dipasangnya rambu-rambu lalu lintas di jalan raya tentu saja untuk mangatur arus lalu lintas dengan memberikan larangan, perintah, peringatan, hingga petunjuk jalan yang akan dilalui.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Hits dan Instagramable di Solo yang Ngangeni, Ada Batik hingga Istana Raja

Kendati dibuat dengan beberapa tanda mudah dipahami dan singkat, namun bagi orang awam yang baru mengenal atau melihat tanda itu bisa jadi akan kebingungan, ragu untuk melangkah, dan lain sebagainya.

Salah satu tanda kerap kali dijumpai di lampu merah, yakni tanda dengan kata-kata belok kiri langsung, lajur kiri terus jalan, dan sejenisnya.

Mungkin ada dari kalian yang pernah menjumpai tanda ini di lampu merah kemudian berhenti terus diberitahu pengendara lain yang di belakang atau bahkan dimarahi.

Tanda ini memiliki arti boleh langsung belok kiri, meski lampu sedang merah. Hal ini sesuai dengan peraturan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 112 ayat 3.

Baca Juga: Busyet! Lulusan SMAN 3 Semarang Diterima Kuliah di 21 Universitas Favorit Luar Negeri

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x