Ratu Elizabeth II Wafat, Berikut Fakta-fakta yang Mengiringi Kepergiannya

- 9 September 2022, 22:04 WIB
Potret Ratu Elizabeth II.
Potret Ratu Elizabeth II. /Instagram.com/@theroyalfamily/

KARANGANYARNEWS – Setelah menjalani supervisi medis di kediaman Balmoral, Skotlandia, Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia.

Penguasa wilayah Britania Raya ini meninggal pada usia 96 tahun.

Kabar kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II dikeluarkan, ketika ia tidak hadir di acara virtual Privy Council hari Rabu 7 September 2022 atas anjuran dokter.

Privy Council merupakan lembaga resmi yang beranggotakan para penasihat, mereka adalah para politisi senior, tentang hal-hal yang berkaitan dengan kedaulatan atau kekuasaan di Inggris.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Mick Jagger hingga David Beckham Ikut Berduka

Dirangkum Pikiran-Rakyat.com, sedikitnya akan ada 7 hal yang terjadi ketika Ratu Elizabeth II meninggal dunia, yaitu:

Operasi London Bridge is Down Dijalankan

Ketika Ratu meninggal, orang pertama kali yang akan mengumumkannya ke perdana menteri Inggris adalah sekretaris pribadi sang Ratu yaitu Sir Christopher Geidt.

Ia akan memberitahukan kepada menteri Inggris dengan mengucapkan kode operasi yaitu London Bridge is Down artinya pemimpin kerajaan telah wafat.

Pangeran Charles Naik Tahta

Ketika Ratu meninggal, ia akan meninggalkan ruang kosong di posisinya sebagai pemimpin monarki konstitusional Britania Raya.

Tahtanya akan digantikan oleh putra pertamanya, Pangeran Charles yang dijuluki sebagai the Prince of Wales.

Hari Berduka Nasional Inggris

Ketika Ratu meninggal, libur nasional akan diselenggarakan dan akan dimasukkan ke dalam 12 hari berduka nasional Inggris atau national warning days.

Bendera-bendera akan dikibarkan setengah tiang dan para pelajar maupun mahasiswa akan diliburkan dari kegiatan belajarnya di sekolah dan kampus.

Para pekerja akan diliburkan atau dipulangkan lebih awal dari jadwal kerja mereka. Acara pertandingan nasional akan ditunda dan program radio akan lebih banyak membawakan berita tentang kematian Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Raja Charles Warisi Kekayaan Rp7 Triliun

Para pembawa berita atau reporter pun akan mengenakan pakaian serba hitam sebagai bentuk bela sungkawa atas meninggalnya sang Ratu Elizabeth II.

Pembaringan Tubuh Ratu

Sang Ratu akan diberikan pemakaman kenegaraan yang bersifat pribadi dan hanya dihadiri oleh keluarga inti kerajaan di Istana Buckingham.

Pada prosesi kedua, tubuh Ratu Elizabeth II akan dipindahkan ke Westminster Hall dan didiamkan disana selama 4 hari.

Para pelayat diizinkan memberikan penghormatan selama 23 jam sehari kepada Ratu Elizabeth II.

Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilakukan 9 hari setelah tanggal kematiannya. Setelahnya Ratu mungkin akan disemayamkan di area pemakaman St. George Chapel di Windsor, Sandringham, atau Balmoral di Skotlandia.

Logo Perangko, Mata Uang Inggris, dan Lagu Kebangsaan Akan Berubah

Ketika Pangeran Charles menggantikan tahta Ratu Elizabeth II maka pecahan uang kertas dan uang logam juga akan berubah dengan gambar Pangeran Charles.

Mata uang yang semula menggunakan gambar Ratu Elizabeth II akan ditarik dari peredarannya untuk diganti dengan mata uang bergambar Pangeran Charles.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Pangeran Charles Naik Takhta

Perangko juga akan diubah gambarnya dengan gambar Pangeran Charles. Selain itu lagu kebangsaan yang semula berjudul God Save The Queen akan berubah menjadi God Save The King.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x