Natalan Unik di GKJ Kerjo, Khutbah Pakai Wayang dengan Tokoh Perabot Dapur

- 12 Januari 2023, 13:48 WIB
Wayang Pawon foto ilustrasi
Wayang Pawon foto ilustrasi /Instagram/@wayangpawon

KARANGANYARNEWS - Natalan unik di GKJ Kerjo, khutbah pakai wayang dengan tokoh perabot dapur, menambah suasana sukacita di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Kerjo, Karanganyar, yang diadakan Minggu (8/1/2023).

Natalan unik ini menggandeng kelompok Wayang Pawon Reborn, yang mengusung perabotan dapur sebagai wayangnya di Lapangan Futsal Dukuh Kwadungan.

Kehadiran Wayang Pawon Reborn digagas Agus Priyanto, musisi sekaligus salah satu jemaat, dimana diakui Agus, penyajian wayang tersebut merupakan bentuk khutbah dalam bentuk hiburan guna menghindari kebosanan jemaat.

Adapun tokoh yang diusung dalam wayang Pawon tersebut antara lain adalah sosok Plontang dan Bedor, dimainkan dalang Ki Bolo Panuroto.

Permainan ciamik dalang wayang kekinian tersebut membuat penonton tergelitik, gemas hingga tertawa terpingkal-pingkal.

Baca Juga: Inilah Jadwal Pertunjukkan Wayang Orang Sriwedari, Selama September

Sosok Plontang dalam lakon wayang tersebut memiliki sifat cenderung tenang, berpikir panjang dan tidak tergesa-gesa, bertentangan dengan Bedor yang cengengesan, leda-lede dan cupet wawasan berpikirnya. Hal itu terlihat dalam adegan percakapan antara Bedor dan Plontang.

Sebagai tokoh penengah hadir penasehat, yakni Ndoro Kakung, diperankan Toto Kusbaroto, dimana tokoh Ndoro Kakung mengibaratkan sosok Semar dalam dunia wayang yang kerap memberikan nasehat penting.

Namun, nasehat Ndoro Kakung mental karena kengeyelan Bedor, sehingga satu-satunya sosok yang sanggup meluluhkan kebandelan Bedor hanya Mbah Kakung yang diperankan Mbah Warso.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x