Bebek Goreng Pak Slamet, Citarasa Gurih Garing Plus Pedasnya Sambal Korek

- 26 Februari 2022, 16:33 WIB
Bebek gorengnya garing tidak terlalu berminyak, empuk, tidak amis dan bumbunya pun meresap hingga dalam daging. Satu lagi, sambal mentah dalam cobeknya wouw ruar biasa
Bebek gorengnya garing tidak terlalu berminyak, empuk, tidak amis dan bumbunya pun meresap hingga dalam daging. Satu lagi, sambal mentah dalam cobeknya wouw ruar biasa /Tangkapan Instagram/

KARANGANYARNEWS – Kesohor dengan olahan bebek gorengnya yang garing, empuk, tidak terlalu berminyak dan tidak amis. Bumbunya pun terasa meresap dalam daging bebek.

Warung bebek goreng Pak Slamet nan legendaris ini, pusatnya di di Jalan Sedahromo Lor Rt 01 Rw 07 Kartasura,  Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kini, cabangnya telah merambah ke berbagai kota.  

Pak Slamet sebenarnya telah mulai berjualan bebek goreng sejak 1986, awalnya membuka waralaba kuliner di pinggir jalan Solo-Jogja. Karena warungnya tergusur pelebaran jalan di tahun 1992, pindah ke Kartasura tadi.

Baca Juga: 7 Gudeg Jogja yang Legendaris, Favorit Banget! 

Selain sederet sajian menu utama bebek gorengnye yang legendaris nan eunaknya endhul endhus tadi, satu lagi tambahan sajian khas yang paling diidolakan sekaligus dikangeni pelanggannya.

Sambal korek, masyarakat awam menyebutnya sambal cobek.  Paduan serba mentah berbahan cabe rawit, bawang putih dan penyedap rasa diuleg kasar kemudian diberi minyak bekas menggoreng bebek yang masih panas.

“Digoreng sampai krispi daging bebeknya lembut dipadukan sambal korek pedasnya pool punjul,” kata beberapa pelanggan di resto bebek goreng Pak Slamet Kartosura.

Baca Juga: Cabuk Wonogiri, Citarasa Pedas Manis Sedap Hitamnya Wijen Sangrai

Dia sebutkan juga, jikalau aromanya saja sudah begitu menggoda. Sedangkan citarasanya, dikatakan benar-benar bikin nagih. “Pokoknya, enak dan uenak bingit,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x