Nyicipin Kepelan, Cemilan Legendaris Khas Pedan Klaten yang Super Endes

- 26 Maret 2024, 11:40 WIB
Nyicipin kepelan, cemilan legendaris khas Pedan Klaten yang super endes. Kepelan tampak seperti nugget ayam, namun sejatinya cemilan ini hanya tepung yang digoreng. (Foto: Dok. Istimewa/Yogi Gemilang)
Nyicipin kepelan, cemilan legendaris khas Pedan Klaten yang super endes. Kepelan tampak seperti nugget ayam, namun sejatinya cemilan ini hanya tepung yang digoreng. (Foto: Dok. Istimewa/Yogi Gemilang) /
 
KARANGANYARNEWS - Nyicipin Kepelan, Cemilan Legendaris Khas Pedan Klaten yang Super Endes. Cemilan atau snack merupakan makanan ringan digandrungi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga kalangan dewasa. 
 
Ngomongin soal cemilan, di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ada satu makanan khas dikenal dengan nama 'kepelan.' Jenis makanan ini mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. 
 
Perlu kamu ketahui Sob, sekilas kepelan tampak seperti nugget ayam. Kendati mirip, namun sejatinya cemilan ini hanya tepung yang digoreng. 
 
 
Kepelan khas Desa Keden, Pedan, Klaten, Jawa Tengah bisa dijumpai di warung milik Suwarni yang sudah eksis selama 39 tahun.
 
Wanita 67 tahun ini mengungkapkan kepelan dibuat dari bahan tepung terigu dengan bumbu bawang merah, bawang putih, garam, air, dan sedikit penyedap rasa. 
 
Semua bahan dihaluskan dan dicampur hingga menjadi sebuah adonan. Setelah itu adonan digoreng kecil-kecil dengan cara mengambil adonan menggunakan tangan dan dikepalkan. 
 
Proses pembuatan dengan cara mengepalkan tangan inilah yang merupakan asal muasal nama kepelan. Bahasa Jawa kepelan berarti kepalan tangan. 
 
 
Suwami bercerita, sebelum berjualan di rumahnya sekarang, dahulu sempat berjualan di Pasar Klepu, Kecamatan Ceper selama 15 tahun. la lantas pindah ke rumahnya sekarang dan sudah berjualan selama 24 tahun.
 
Salah satu pembeli, Yoga bilang kepelan adanya hanya di Pedan. Menurutnya, cita rasa cemilan ini cukup enak dan gurih. 
 
"Rasanya unik, enak, gurih, cocok pakai sambel bawang," ucap pria 27 tahun ini. 
 
Kepelan yang termasuk makanan tradisional memang sudah jarang ditemui. So, jika kamu sedang berkunjung ke Klaten jangan lupa buat nyicipin cemilan khas Pedan ini ya Sob. ***
 
 
 

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x