Beda Lafadz Doa Qunut: Begini, Versi Nabi Muhammad Saw

- 28 Maret 2024, 04:05 WIB
Di antara para ulama, terdapat perbedaan lafadz doa qunut. Berikut doa qunut versi atau yang dilakukan Nabi Muhammad Saw
Di antara para ulama, terdapat perbedaan lafadz doa qunut. Berikut doa qunut versi atau yang dilakukan Nabi Muhammad Saw /Pexels/Monstera

KARANGANYARNEWS - Terdapat perbedaan lafadz doa qunut di antara para ulama, baik menurut al-Hadi maupun asy-Syafii. Dalam beberapa hadis, juga terdapat perbedaan lafadz doa qunut. Berikut doa qunut versi atau yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. 

Disebutkan, pengertian qunut adalah tunduk kepada Allah SWT dengan penuh kebaktian. Dari beberapa hadis, qunut juga dapat diartikan thulul qiyam.

Dalam Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah, disebutkan yang dimaksud thulul qiyam adalah berdiri lama untuk membaca dan berdoa di dalam salat, sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad saw.

 Baca Juga: 14 Tips Puasa Ramadhan Ibu Menyusui: Ibadahnya Khidmad, Diri dan Si Buah hati Tetap Sehat

Qunut yang seperti inilah yang disyariatkan (masyru’), sebagaimana dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad saw. berikut ini:

عَنْ جَابِرٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أَفْضَلُ الصَّلاَةِ طُولُ اْلقُنُوتِ. [رواه مسلم وأحمد وابن ماجه والترمذى وصححه]

Artinya: “Diriwayatkan dari Jabir, bahwa Nabi saw bersabda: Salat yang paling utama adalah berdiri lama (untuk membaca doa qunut).” [HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Majah, dan at-Tirmidzi].

   Baca Juga: Shalat Tarawih Belum Shalat Isya? Catat, Inilah Syariat Ibadah Sunah Bulan Puasa Ramadhan      

Sebagaimana dilansir dari muhammadiyah.or.id, terkait lafadz doa qunut  juga ada beberapa perbedaan dalam beberapa hadis, salah satu di antaranya sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x