Kisah Masjid Qiblatain, Saksi Bisu Perubahan Arah Kiblat dari Masjid Al-Aqsa ke Kakbah

- 28 Mei 2024, 18:05 WIB
Kisah Masjid Qiblatain, saksi bisu perubahan arah kiblat dari Masjid Al-Aqsa ke Kakbah. Masjid Qiblatain adalah masjid yang memiliki dua kiblat. (Foto: kemenag.go.id)
Kisah Masjid Qiblatain, saksi bisu perubahan arah kiblat dari Masjid Al-Aqsa ke Kakbah. Masjid Qiblatain adalah masjid yang memiliki dua kiblat. (Foto: kemenag.go.id) /

KARANGANYARNEWS- Kisah Masjid Qiblatain, Saksi Bisu Perubahan Arah Kiblat dari Masjid Al-Aqsa ke Kakbah. Kota Madinah sangat kaya dengan situs bersejarah yang sering dikunjungi, baik oleh jemaah umrah dan haji, maupun penduduk Arab Saudi. Kota ini mengingatkan mereka akan sejarah Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan penyebaran Islam ke seluruh penjuru dunia.

Salah satu situs di Madinah adalah Masjid Qiblatain. Masjid ini terletak sekira tujuh kilometer di sebelah Timur Laut Masjid Nabawi dan menjadi tempat ziarah penting bagi umat Islam. Awalnya, masjid ini dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah karena dibangun di bekas rumah Bani Salamah.

Masjid Qiblatain adalah masjid yang memiliki dua kiblat. Qiblatain artinya dua kiblat. Kiblat pertama menghadap ke Masjid Al-Aqsa di Baitul Maqdis (Palestina) dan kiblat kedua menghadap ke Kakbah di Masjidil Haram, Makkah.

Baca Juga: Berapa Kali Operasi Caesar Bisa Dilakukan? Simak Penjelasannya di Sini Moms

Dikutip dari Arabnews, masjid ini dibangun Sawad bin Ghanam bin Kaab pada tahun kedua hijriah. Tempat ini secara historis menjadi penting bagi umat Islam karena di sanalah turunnya wahyu Alquran kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam untuk mengubah arah kiblat.

Menurut Konsultan Ibadah PPIH Daker Madinah, Prof Dr KH Aswadi MAg, hal itu terjadi pada Bulan Syakban ketika Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memimpin para sahabatnya saat salat zuhur, kemudian turun wahyu untuk menghadap ke arah Kakbah.

Ketika sudah salat dua rakaat, turunlah wahyu yang memerintahkan untuk mengubah arah kiblat, nabi pun langsung melakukan sesegera mungkin untuk melakukan perubahan itu.

Baca Juga: Minum Es Bikin Ukuran Janin Jadi Besar, Benarkah? Ini Dia Faktanya

"Itu merupakan perintah langsung di rekaat kedua atau dua rekaat bagian yang kedua. Langsung baginda rasul mengalihkan kiblatnya dari Baitul Maqdis ke Kakbah Baitullah. Ini kemudian diikuti oleh semua jemaah," katanya, dilansir dari laman Kementerian Agama RI, kemenag.go.id.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah