Gempa M 6,6 Guncang Bandung, Banten dan Jakarta, Penjelasan Lengkap BMKG

- 14 Januari 2022, 18:04 WIB
Lokasi gempa 14 Januari 2022 di Banten
Lokasi gempa 14 Januari 2022 di Banten /Twitter BMKG

KARANGANYARNEWS, JAKARTA - Warga sekitar Bandung dan Jakarta digemparkan dengan guncangan gempa dahsyat pada Jumat, 14 Januari 2022 sekitar pukul 16.05 WIB. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, gempa yang terjadi sore tadi merupakan gempa tektonik yang berpusat di Selatan Banten. 

Baca Juga: Fakta-Fakta Meninggalnya Mahasiswi IAIN setelah Kegiatan Mapala

Gempa tersebut memiliki parameter dengan magnitudo M 6,6 dan termasuk jenis gempa bumi dangkal dengan kedalaman 40 kilometer sebagai akibat dari aktivitas subduksi di laut.

Adapun episenter gempa bumi tadi terletak di 132 kilometer arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Lebih tepatnya terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi," terang Bambang Setiyo melalui keterangan resminya, Jumat.  

Baca Juga: Belasan Rumah Rusak, Gempa di Jember Menjalar Hingga Pulau Bali

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di daerah Cikeusik dan Panimbang, VI MMI (Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar), Labuan dan Sumur, IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, bandar Lampung.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah