PMK Tak Menular Manusia, Mentan; Stok Sapi Idul Adha Aman

- 14 Mei 2022, 20:53 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan obat- obatan untuk ternak sapi kepada Bupati Boyolali, M Said Hidayat
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan obat- obatan untuk ternak sapi kepada Bupati Boyolali, M Said Hidayat /Dok SMSolo/

KARANGANYARNEWS – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak sapi, dipastikan tidak menular pada manusia dan segera akan terselesaikan.

Demikian ditegaskan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Boyolali Jumat, 13 Mei 2022.

Karena itulah, dia meminta agar seluruh masyarakat tidak panik terkait mewabahnya PMK di berbagai daerah belakangan ini.

Baca Juga: Miris..! Gletser Austria Diprediksi Lenyap Akhir Abad Ini karena Perubahan Iklim

Menurut Mentan, penanganan tepat PMK dilakukan dengan suntikam vitamin dan antibiotik dinilai berhasil mempercepat penyembuhan. Namun, jika ditemukan transmisi lokal, tindakan darurat berupa lockdown akan dilakukan.

Berkaca pada temuan PMK puluhan tahun lalu, upaya penanganan dilakukan dengan pemusnahan masal. Namun, dia menekankan agar penanganan ternak terpapar dengan suntikan vitamin, antibiotik dan penurunan suhu tubuh.

“Upaya ini manjur karena dalam dua hari sudah terjadi pemulihan pada sapi yang sakit.” Jika ternak belum sembuh, maka perlu disuntik lagi. Pasalnya, kondisi ini ada kemungkinan dimanfaatkan orang lain yang tidak bertanggungjawab. Orang itu suka ada wabah karena bisa memanfaatkan peternak yang panik.

Baca Juga: Teror Buaya Bayangi Pantai Kupang. Warga Diimbau Waspada

“Jika sampai peternak panik lalu jual sapinya maka harga jatuh. Orang itu lalu beli murah, yang awalnya harga Rp 45 juta akhirnya Rp 10 juta lepas. Tentu merugikan peternak. Maka kita tingkatkan upaya preventif dan pencegahan.”

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x