Haruskah Sohibul Kurban Menyaksikan Penyembelihan? Catat, Inilah Syariatnya

- 28 Juni 2023, 12:51 WIB
Jikalau sohibul kurban tak sempat menghadiri penyembelihan, apakah ibadah kurbannya sah sesuai syariat agama Islam?
Jikalau sohibul kurban tak sempat menghadiri penyembelihan, apakah ibadah kurbannya sah sesuai syariat agama Islam? /Ilustrasi/ PRMN/ Agus Kusnadi/

KARANGANYARNEWS - Dalam fiqih syariat berkurban di Hari Raya Idul Adha, disebutkan hewan kurban hendaknya disembelih sendiri oleh sohibul kurban atau orang yang berkurban. Namun jikalau sohibul korban tidak dapat melakukan sendiri karena sesuatu hal, penyembelihan hewan korban diperbolehkan diwakilkan kepada orang lain.

 

Syariat atau tata cara berkorban inilah, hingga Idul Adha 2023 ini masih banyak menimbulkan pertanyaan umat Islam. Baik dalam berbagai forum kajian Islam, demikian juga di berbagai lini media massa.

Pertanyaan yang masih sering mengemuka setiap Idul Adha yang identik dengan Hari Raya Kurban, diantaranya jikalau sohibul kurban tidak menyembelih sendiri apakah tetap wajib menyaksikan proses penyembelihannya?

 Baca Juga: Larangan Memotong Kuku dan Rambut, Teruntuk Shohibul Kurban atau Hewannya?

Pertanyaan lainnya lagi, bagaimana jikalau yang berkorban tidak sempat juga menghadirinya, apakah kurban yang dia lakukan sah sesuai syariat agama Islam?

Sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official, menjawab sederet pertanyaan tadi Ustadz Abdul Somad  menjelaskan, hadir dan menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban adalah tidak wajib.

Menyebut atau Tidak?

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x