Begini Tata Cara Sholat Idul Fitri 2024, Niat dan Bacaan Lengkap

- 8 April 2024, 21:53 WIB
Begini Tata Cara Sholat Idul Fitri 2024, Niat dan Bacaan Lengkap.
Begini Tata Cara Sholat Idul Fitri 2024, Niat dan Bacaan Lengkap. /Getty Images

KARANGANGANYARNEWS - Ramadhan menjelang akhir. Dalam hitungan hari umat Islam akan merayakan Idul Fitri Idul Fitri 1445 H.

Salah satu ibadah yang kerjakan adalah sholat Idul Fitri sebagai ungkapan syukur dan menyempurnakan ampunan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Dikutip dari laman NU Online, diriwayatkan Ibnu Mas'ud dari Nabi Muhammad SAW bahwa Allah menjanjikan ampunan bagi orang-orang yang melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Penumpang di Terminal Tirtonadi Solo Naik 21% 

Sholat Idulfitri merupakan ibadah sunah muakadah yang sangat dianjurkan dilaksanakan pada pagi hari 1 Syawal. Rasulullah SAW semasa hidupnya tidak pernah meninggalkan sholat Idulfitri.

Diriwayatkan dalam hadis Abi Said Al-Khudri Ra, Rasulullah SAW biasa keluar menuju musala (lapangan) pada hari Idul Fitri dan Adha. Hal pertama yang beliau lakukan adalah shalat.

Kemudian beliau berpaling menghadap manusia, di mana mereka dalam keadaan duduk di shaf-shaf mereka. Beliau memberi pelajaran, wasiat, dan perintah.

Baca Juga: Lebaran 2024: Lazismu Buka Posko Mudikmu Aman 1445 H 

Waktu sholat Idul Fitri mulai terbitnya matahari seukuran 1 atau 2 tombak (diperkirakan 30 menit pasca terbit) hingga sesaat sebelum waktu Zuhur.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x