Siapa Pengganti Roberto Mancini di Timnas Italia? Ini Daftar Kandidat Pelatih Baru Gli Azzurri

- 16 Agustus 2023, 23:33 WIB
Daftar kandidat pelatih Timnas Italia ada empat orang top, yakni  Antonio Conte, Massimiliano Allegri, Maurizio Sarri, dan Carlo Ancelotti. (Twitter/FIGC)
Daftar kandidat pelatih Timnas Italia ada empat orang top, yakni Antonio Conte, Massimiliano Allegri, Maurizio Sarri, dan Carlo Ancelotti. (Twitter/FIGC) /

KARANGANYARNEWS - Daftar kandidat pelatih Tim Nasional (Timnas) Italia Antonio Conte, Massimiliano Allegri, Maurizio Sarri, dan Carlo Ancelotti, siapa paling berpeluang?

Timnas Italia mencari pelatih baru setelah Roberto Mancini mengundurkan diri dari jabatannya. Mancini membawa Italia juara Euro 2020, memutuskan mundur karena alasan pribadi. 

Ia juga mengaku tak nyaman lagi melatih timnas Italia karena kematian dua sahabatnya dan krisis skuat.
 
Dilansir dari Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), saat ini sedang mencari pengganti Mancini dalam waktu dekat, mengingat Timnas Italia akan segera melakoni kualifikasi Euro 2024. 
 
 
Beberapa nama pelatih ternama telah disebut sebagai kandidat juru racik baru Timnas Italia. Siapa saja mereka? Berikut ini daftar kandidat pelatih baru Timnas Italia:
 
1. Antonio Conte
 
Pelatih berusia 52 tahun ini adalah mantan pemain dan kapten Timnas Italia. Ia juga pernah melatih Timnas Italia dari 2014 hingga 2016, membawa mereka ke perempat final Euro 2016. 
 
Conte memiliki pengalaman dan prestasi mumpuni di level klub, baik di Italia maupun Inggris. 
 
Prestasi Conte lain, tiga gelar Serie A bersama Juventus, satu gelar Premier League bersama Chelsea, dan satu gelar Serie A bersama Inter Milan. 
 
Conte saat ini sedang menganggur setelah meninggalkan Inter Milan pada Mei 2021.
 
 
2. Massimiliano Allegri
 
Pelatih berusia 54 tahun ini juga adalah mantan pemain Timnas Italia. 
 
Pelatih sukses di Juventus, memenangkan lima gelar Serie A, empat gelar Coppa Italia, dan dua kali menjadi runner-up Liga Champions. 
 
Allegri juga pernah melatih AC Milan dan Cagliari. Allegri kembali melatih Juventus pada Juli 2021 setelah sempat menganggur selama dua tahun.
 
 
3. Maurizio Sarri
 
Kandidat selanjutnya adalah Maurizio Sarri. Pelatih dengan gaya bermain atraktif dan ofensif, disebut sebagai “Sarriball”. 
 
Sarri pernah melatih Napoli, Chelsea, dan Juventus. Dengan Napoli, ia membuat timnya menjadi penantang Juventus di Serie A dan mencetak rekor 91 poin pada musim 2017/2018. 
 
Bersama The Blues, ia memenangkan Liga Europa pada musim 2018/2019. Dengan Juventus, ia memenangkan Serie A pada musim 2019/2020. 
 
Sarri saat ini sedang menganggur setelah dipecat Juventus pada Agustus 2020.
 
 
4. Carlo Ancelotti
 
Kandidat kuat menjadi pelatih Timnas Italia selanjutnya adalah Carlo Ancelotti.
 
Don Carlo adalah salah satu pelatih tersukses di dunia. 
 
Pernah melatih beberapa klub besar, seperti AC Milan, Chelsea, Paris Saint-Germain, Real Madrid, Bayern Munich, Napoli, dan Everton. 
 
Masalah gelar tak perlu dipertanyakan. Tiga gelar Liga Champions, dua gelar Serie A, satu gelar Premier League, satu gelar Ligue 1, dan satu gelar Bundesliga. 
 
 
Ancelotti kembali melatih Real Madrid pada Juni 2021 setelah meninggalkan Everton.
 
Keempat kandidat di atas, siapa berpeluang menjadi pelatih baru Timnas Italia?
 
Menurut beberapa sumber, FIGC lebih condong kepada Conte atau Allegri karena mereka memiliki karakter kuat dan bisa menggantikan aura Mancini. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x