Rayakan Hari Lahir Pancasila, Ini 10 Serba-serbi Festival Parade Pesona Kebangsaan 2022 di Kota Pancasila

- 30 Mei 2022, 11:44 WIB
Festival Pesona Kebangsaan 2022 dimeriahkan dengan arak-arakan simbol Pancasila
Festival Pesona Kebangsaan 2022 dimeriahkan dengan arak-arakan simbol Pancasila /Dokumentasi : indonesia.travel/

KARANGANYARNEWS - Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur tak dapat dilepaskan dari lahirnya Pancasila, bahkan kota ini mendapat julukan Kota Pancasila. 

Mengapa demikian? Karena Kabupaten Ende merupakan saksi bisu lahirnya Pancasila yang dicetuskan Bung Karno, presiden pertama RI. 

Nah, untuk mengenang peristiwa bersejarah ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Ende bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hari ini Senin (30/5/2022) hingga Rabu (1/6/2922) menggelar Festival Pesona Kebangsaan, yang selalu rutin dilaksanakan setiap tahun.  

Berikut 10 serba-serbi perhelatan dalam Festival Parade Pesona Kebangsaan 2022 bertema "Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia", dilansir dari indonesia.travel. 

1. Pawai Budaya

Perhelatan akbar ini diawali dengan pawai budaya, dengan rute dari Dermaga Soekarno hingga Taman Renungan Bung Karno, yang diikuti masyarakat dengan mengenakan pakaian adat serta tenun khas Ende. 

 2. Parade Laut 

Termasuk dalam tiga parade spektakuler yang disuguhkan dalam festival ini, Parade Laut diisi berbagai kegiatan seperti doa bersama, dialog Pancasila, parade perahu dan kapal nelayan sambil mengarak simbol Pancasila raksasa dari  Pulau Ende menuju Pelabuhan Ende atau yang lebih dikenal dengan Pelabuhan Soekarno. 

3. Parade Udara

Menyaksikan paralayang, merupakan sajian Parade Udara yang akan dimulai dari Puncak Paralayang Kezimara serta mendarat di Pantai Kota Raja, sambil menikmati pemandangan alam Ende yang sangat indah.  

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x